-->

Cara Memasak Masakan Ringan Elok Sus

Kue sus yang dalam bahasa Belanda disebut soes merupakan makanan ringan manis berwujud bulat yang memiliki rongga dengan isi vla, custard ataupun daging. Kue sus isi vla ataupun custard dihidangkan setelah disimpan dalam kulkas, lantaran vla maupun custard yang terbuat dari susu simpel jadi basi.

Lain dibanding adonan makanan ringan manis bolu maupun cake, adonan untuk sus tidak diperoleh melalui mengocok telur, mentega dan gula. Campuran materi untuk makanan ringan manis sus dibuat dengan memasukkan terigu dalam adonan air yang direbus bareng margarin atau mentega hingga mendidih. Telur dimasukkan satu demi satu pada adonan sembari diaduk hingga adonan tak lengket pada panci. Adonan makanan ringan manis sus tak menggunakan materi pengembang semacam soda makanan ringan manis maupun baking powder. Mixer cuma digunakan semoga makanan ringan manis sus mengembang lebih menarik dikala dilakukan pemanggangan.
 yang dalam bahasa Belanda disebut soes merupakan makanan ringan manis berwujud bulat yang memiliki rongga Cara Membuat Kue Sus

Alat panggangan yang digunakan memanggang makanan ringan manis sus harus mencapai panas 220 derajat Celsius. Panas panggangan akan menjadikan kadar air pada adonan berubah jadi uap. Kandungan telur pada adonan akan membuat struktur makanan ringan manis yang tipis, sementara uap yang terjebak dalam adonan akan membuat rongga pada sebelah dalam kue. Adonan yang hampir sama mirip adonan makanan ringan manis sus pun digunakan untuk membuat aneka makanan ringan manis serupa, contohnya: eclair, croquembouche, French fritter serta gougère. Sejumlah kreasi makanan ringan manis sus pun selalu berkembang, akhirnya tampilan makanan ringan manis sus tak lagi bundar, muncul pula makanan ringan manis sus dengan bentuk ibarat angsa. Terdapat makanan ringan manis sus kering dan ada pula makanan ringan manis sus basah, terserah dari cara penyajian.

Bahan materi yang diharapkan :

Bahan untuk kulit sus :

40 gram margarin
200 cc air
80 gram tepung terigu
40 gram tepung ganyong
8 butir telur

Bahan untuk isi sus :

600 cc susu
60 gram tepung maizena
2 butir telur diambil kuningnya
100 gram gula pasir
Vanili sesuai kebutuhan
2 sendok teh margarin
Rum secukupnya bila menginginkan


- Untuk membuat kulit sus : lelehkan margarin dengan air, tambahkan terigu serta tepung ganyong, aduk hingga menggumpal dan warnanya berubah, sisihkan. Sesudah tidak mengecewakan cuek tambahkan telur, aduk aduk hinga rata. Isikan adonan dalam cetakan bulat kecil yang sudah diberi olesan margarin, kemudian panggang menggunakan panggangan hingga matang kira kira 45 menit kemudian ambil.

- Untuk membuat isi sus : masak susu beserta tepung maizena kemudian aduk hingga mengental. Tambahkan gula, aduk lagi hingga tercampur rata. Kocok kuning telur, tuangkan sejumlah kecil adonan susu sembari diaduk, kemudian tuangkan lagi dalam panci, panaskan hingga mendidih sembari terus diaduk, sisihkan. Tambahkan margarin atau rum bila menginginkan, aduk hingga rata, angkat.

- Buka kulit sus yang sudah cuek dan isikan adonan, selanjutnya percantik dengan irisan stroberi.

- Kue sus buatan sendiri siap disajikan.
LihatTutupKomentar