-->

4 Manfaat Daun Mahkota Dewa

Mahkota Dewa merupakan flora khas dari Indonesia dengan nama latin Phaleria macrocarpa. Tumbuhan yang tiba dari pulau Papua ini lazim dipakai untuk pohon peneduh atau cuma sebagai tumbuhan hias di halaman rumah. Namun ketika ini beberapa orang mulai memakainya sebagai salah satu pilihan dalam pengobatan herbal. Salah satu manfaat daun Mahkota Dewa yang andal yakni kemampuannya mengobati kerusakan ginjal.
 merupakan flora khas dari Indonesia dengan nama latin  Phaleria macrocarpa 4 Manfaat Daun Mahkota Dewa

Daun Mahkota Dewa bertipe tunggal dengan posisi berhadapan. Memiliki tangkai pendek dan berbentuk menjorong, tepi rata dengan tulang daun menyirip. Berwarna hijau gelap dengan permukaan halus dan mempunyai panjang mulai 7 cm sampai 10 cm serta lebarnya kurang lebih 2 cm sampai 5 cm. Kandungan senyawa aktif pada daun ini antara lain golongan alkaloida, antihistamin, saponin serta polifenol. Senyawa alkaloida mempunyai kemampuan detoksifikasi yang efektif menyingkirkan endapan racun dari tubuh. Sementara senyawa Saponin diketahui mempunyai imbas anti-mikroba dan anti-virus sehingga akan memperkuat prosedur kekebalan badan sekaligus juga stamina tubuh, bisa memecah gula darah serta meminimalisir resiko terjadinya penggumpalan darah. Senyawa lainnya yaitu polifenol mempunyai kemampuan anti-alergi.

Berbagai senyawa aktif yang dimiliki daun Mahkota Dewa ini menjadikannya andal dalam menangani bermacam penyakit antara lain impotensi, eksim, alergi, kanker, disentri dan lainnya. Manfaat daun Mahkota Dewa dan resep ramuan yang bisa dipakai beberapa diantaranya yakni :

1. Mengobati eksim yang membandel
Petik sejumlah daun Mahkota Dewa seperlunya, basuh higienis dan selanjutnya hancurkan sampai membentuk pasta. Borehkan ramuan tadi ke kulit yang terkena eksim. Bilas dengan air higienis setelah ramuan mengering. Kerjakan hal ini di pagi dan sore hari secara rutin.

2. Meringankan nyeri rematik
Manfaat daun Mahkota Dewa sebagai obat rematik bisa diperoleh dengan mengambil 15 sampai 30 g daun yang masih segar. Sehabis dicuci bersih, rebus sampai lunak lalu angkat. Ambil daunnya lalu dihaluskan. Tambahkan sedikit air dan peras untuk diambil sarinya. Minum hasil perasan daun Mahkota Dewa tadi sekaligus.

3. Menghilangkan kutil
Kutil meski tak begitu berbahaya namun kalau berada di wajah atau tangan maka akan sangat mengganggu penampilan. Untuk itu anda bisa memanfaatkan daun Mahkota Dewa untuk menghilangkannya. Sediakan 5 helai daun Mahkota Dewa, basuh dan haluskan. Kemudian tempelkan pada kutil. Tutup dengan kain perban dan buka keesokan harinya.

4. Penyembuh luka bakar
Manfaat lain daun Mahkota Dewa berkhasiat untuk menyembuhkan luka bakar ataupun luka terkena benda tajam, anda bisa menyediakan daun Mahkota Dewa secukupnya. Bersihkan dengan dicuci dan lalu ditumbuk halus. Campurkan sejumlah kecil gula merah sampai berbentuk ibarat pasta. Racikan tadi lalu dioleskan di bab badan yang terbakar dan ditutup menggunakan kain perban.
LihatTutupKomentar