-->

Menelisik Manfaat Daun Srikaya

Buah Srikaya mempunyai bentuk kecil, berwarna hijau dan hanya hidup di tempat tropis saja. Tanaman Srikaya sendiri berasal dari India Barat yang biasanya mulai berbuah pada umur 3 sampai 5 tahun. Daunnya terlihat biasa berbentuk lonjong-lanset dengan panjang antara 7-12 cm dan 3-4 cm lebarnya. Bunga terbentuk dalam kelompok 3 sampai 4 dimana masing-masing bunga mempunyai enam kelopak berwarna kuning kehijauan, namun terlihat ungu di bab bawah. Rasa manisnya menciptakan buah Srikaya menjadi salah satu buah favorit terutama di Indonesia. Tak hanya untuk dikonsumsi buahnya, tumbuhan ini pun ternyata mempunyai beberapa khasiat dan manfaat bagi kesehatan badan kita. Contohnya saja manfaat daun Srikaya yang berkemampuan menyembuhkan banyak sekali jenis penyakit dan keluhan kesehatan.
 berwarna hijau dan hanya hidup di tempat tropis saja Menelisik manfaat daun Srikaya

Beberapa manfaat daun Srikaya untuk kesehatan kita antara lain untuk :

- Sebagai obat antiradang.
- Menyembuhkan penyakit batuk ringan.
- Mengatasi demam.
- Mengurangi nyeri rematik.
- Berperan menurunkan kadar asam urat.
- Menyembuhkan mencret.
- Menyembuhkan disentri.
- Menyehatkan susukan pencernaan.
- Mengobati pilek.

Air rebusan daun Srikaya telah usang dikonsumsi oleh penduduk kepulauan Bahama untuk meredakan nyeri dikala haid dan persalinan. Penelitian mengatakan bahwa daun Srikaya ini mengandung kekuatan antioksidan yang berpengaruh serta adanya acara anti-bakteri yang semuanya sanggup membantu dalam menjaga kesehatan tubuh. Cara mengambil manfaat daun Srikaya sangat mudah, cukup dengan merebus daun Srikaya bersama air bersi dan meminum ramuannya. Minum air rebusan minimal 2 kali sehari secara teratur untuk sanggup mencicipi efeknya.

Selain manfaat daun Srikaya, bab tumbuhan lain yang juga berguna ialah kulit buahnya. Kulit buah Srikaya mempunyai imbas astringent dan senyawa tannin yang brguna untuk pemanis herbal. Suplemen ini akan membantu dalam pengobatan beberapa jenis kanker dan tumor. Sementara buahnya mengandung senyawa acetogenin dan alkaloid yang juga bisa mengurangi resiko kanker dan gagal ginjal. Cara kerjanya dengan melawan sel-sel kanker tanpa merugikan sel-sel sehat. Antioksidan ibarat asimicin dan bullatacin juga ditemukan mempunyai kemampuan anti-kanker dan anti-cacing. Antioksidan tersebut pun bisa menetralisir imbas radikal bebas. Juga mempunyai kandungan serat yang tinggi yang bisa melindungi membran usus dengan menangkal zat beracun dari usus, mengurangi resiko kerusakan hati dan resiko gangguan usus.

Memang lebih gampang mendapat buah Srikaya daripada daunnya. Buah Srikaya banyak dijual di pasar-pasar tradisional maupun pasar modern dengan harga yang cukup murah. Tak ada yang menjual daun Srikaya alasannya ialah memang jarang yang mencari. Untuk itu tidak ada salahnya jikalau anda mulai menanam pohon Srikaya. Selain manfaat daun Srikaya akan anda peroleh, manfaat buahnya yang juga dahsyat pun bisa anda petik. Tanaman ini cukup cepat pertumbuhannya alasannya ialah pada umur 3 tahun sudah mulai berbuah.


LihatTutupKomentar