-->

Cara Memasak Uli Ketan

Cara Membuat Uli Ketan - Tidak sanggup dibantah bahwa termasuk pesona wisata Jakarta ialah masakan orisinil Betawi. Kendati orang Betawi sendiri telah kian tergusur alasannya ialah pembangunan perkotaan, tapi masakan khas mereka masih sanggup dijumpai di sentra Jakarta. Untuk Anda yang tengah mengunjungi Jakarta, jangan hingga ketinggalan untuk berwisata masakan menikmati masakan Betawi. Masyarakat Betawi agaknya tak cuma berilmu bermain pantun, mereka pun berilmu membuat bermacam masakan yang nikmat menggoyang lidah. Wajar bila masakan orisinil Betawi ini banyak disukai orang dari bermacam-macam latar belakang. Salah satu masakan khas Betawi itu ialah uli ketan.

 Tidak sanggup dibantah bahwa termasuk pesona wisata Jakarta ialah masakan orisinil Betawi Cara Membuat Uli Ketan
Baca juga : Cara Membuat Udang Goreng Tepung Bumbu kari

Uli ketan sudah dikenal semenjak zaman penjajahan Belanda dulu dan hingga ketika ini pun masih banyak yang menggemari masakan gurih ini. Uli merupakan camilan yang terbuat dari beras ketan, daun pandan beserta santan kelapa yang lalu dikukus. Uli ketan dibuat dengan diiris iris setelah dingin. Ketika dimakan, uli biasanya ditemani oncom, gula pasir maupun parutan kelapa yang disangrai. Ragam lain dari uli ketan ini ialah tape uli, yakni uli yang disantap bersama tape ketan. Anda niscaya tertarik dan ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah. Untuk itu berikut ialah cara membuat uli ketan berikut materi bahan yang diperlukan.

Bahan materi :

1/2 kg beras ketan putih
1 mangkuk desiccated coconut (santan kelapa instan bentuk bubuk) atau 1,5 mangkuk kelapa parut
Garam sesuai kebutuhan


  • Beras ketan dicuci hingga higienis dan lalu direndam menggunakan air higienis selama 6 jam.

  • Liwet atau kukus beras ketan hingga matang.

  • Bila menggunakan desiccated coconut, rendam kelapa menggunakan air panas seperlunya hingga kelapa berair lagi. Kukus kurang lebih 1/4 jam.

  • Tempatkan ketan selagi panas ke bejana besar. Taburkan kelapa dan garam dan aduk-aduk biar merata.

  • Tumbuk ketika panas menggunakan ulekan yang dibalut kantung plastik supaya tak lengket. Tumbuk hingga agak lembut. Apabila ingin tekstur uli ketan yang lembut maka teruskan menumbuk hingga benar benar halus berdasarkan keinginan.

  • Sediakan daun pisang atau plastik. Potong uli ketan menjadi 5 bagian, lalu bungkus. Tunggu hingga uli dingin.

  • Ketan uli siap disantap atau sanggup juga digoreng gres disantap. Bila ketan uli sudah keras maka sanggup dibuat uli bakar. Iris iris berdasarkan selera lalu dibakar di atas bara api. Dimakan bersama sambal oncom ataupun disiram sirup gula Jawa.

Perlu diingat jikalau membuat uli ketan dari beras ketan hitam maka ketika mencuci beras hendaknya digosok gosok dengan kedua telapak tangan supaya kulit ari beras ketan menipis. Waktu untuk merendam pun lebih lama. Tunggu apa lagi segera siapkan materi bahannya dan mulai memasak bersama keluarga.
LihatTutupKomentar