-->

Ternyata Kiprah Customer Service Bank Itu Tak Mudah

Customer Service umumnya dipakai menjadi palang pintu terdepan dari perusahaan termasuk juga bank. Customer service atau CS yakni orang pertama yang anda temui ketika anda memasuki sebuah bank. Tugas Customer Service bank yakni sebagai sumber isu sekaligus penghubung antara bank dan nasabah yang membutuhkan klarifikasi mengenai layanan dan produk bank.
 umumnya dipakai menjadi palang pintu terdepan dari perusahaan termasuk juga bank Ternyata Tugas Customer Service Bank Itu Tak Mudah
Baca juga : Simulasi Kredit BNI

Customer Service dibutuhkan bisa menjalankan layanan 'One Stop Service', maksudnya nasabah hanya perlu menemui Customer Service saja ketika berurusan dengan bank. Nantinya kiprah Customer Service bank yang akan memaparkan atau menangani kebutuhan nasabah tadi dengan menghubungkannya ke bab yang sesuai. Hal tersebut tentunya  akan menambah rasa puas nasabah alasannya yakni mereka merasa kebutuhannya dilayani dengan semestinya dan nasabah tak harus berurusan dengan banyak orang.

Secara umum kiprah Customer Service bank yakni sebagai berikut :
  • Melayani nasabah ketika akan membuka rekening tabungan, giro, deposito atau kebutuhan nasabah lain. Kecuali itu juga menjelaskan dengan sejelas-jelasnya perihal bermacam-macam produk dan layanan yang diminati nasabah atau calon nasabah.
  • Menemui dan melayani nasabah yang akan memberikan permasalahan yang bekerjasama dengan layanan bank atau prdouk sebuah bank.
  • Melakukan manajemen daftar hitam Bank Indonesia serta daftar rehabilitasi nasabah sekaligus juga file nasabah.
  • Melakukan manajemen resi seruan serta pengembalian buku cek dan bilyet giro maupun surat kuasa.
  • Memberikan klarifikasi mengenai saldo ataupun mutasi dari rekening customer.
  • Membuat manajemen buku tabungan, cek, bilyet dan giro.
  • Menawarkan produk atau layanan yang dirasa cocok dengan kebutuhan customer.

Seorang customer service pun mempunyai wewenang yang berkaitan dengan tugas-tugasnya diantaranya yakni :
  • Menyaksikan nasabah ketika mereka melengkapi dan menandatangani formulir, aplikasi atau perjanjian yang berkaitan dengan produk atau layanan bank.
  • Menolak seruan pembukaan rekening kalau memang tak sesuai dengan ketentuan yang ditentukan pihak bank.
  • Memverifikasi tanda tangan nasabah.
  • Menolak seruan buku bilyet cek atau kalau memang naabah tak memenuhi ketentuan yang ada.
  • Menutup rekening kalau diminta oleh nasabah bersangkutan atau lantaran faktor lain sesuai dengan prosedur intern bank.

Di luar dari kiprah customer service bank sesuai yang telah digariskan bank, seorang CS mestilah bisa bersikap ramah. Keramahan merupakan hal positif dan sifat terhormat yang mesti diperlihatkan ke semua nasabah. Sebagai seorang customer service mesti bisa menjalin keakraban sehingga nasabah menjadi nyaman dan puas ketika berada di dalam bank. Kecuali itu, Customer Service sebuah bank wajib mempunyai kecakapan berkomunikasi, sopan-santun, dan mempunyai tanggung jawab penuh kepada customer. Kepercayaan yakni ujung tombak sebuah bank dalam melaksanakan acara bisnisnya. Jika pelayanannya bisa menunjukkan kepuasan kepada nasabah, maka dengan sendirinya akan meningkatkan kepercayaan nasabah kepada bank.
LihatTutupKomentar