-->

Dibalik Rasa Pahitnya, Manfaat Daun Sambiloto Ternyata Luar Biasa

Tanaman Sambiloto disebut juga dengan king of bitter atau raja pahit lantaran rasa pahit yang ditimbulkannya dikala meminum air rebusan daunnya sungguh luar biasa terasa di pangkal lidah. Sambiloto termasuk tumbuhan orisinil tempat tropis dan merupakan tumbuhan perdu yang seringnya tumbuh dengan liar. Tapi dengan kian besarnya kesadaran untuk memakai obat herbal maka makin banyak orang yang membudidayakan tumbuhan ini di halaman rumahnya atau di pot-pot yang diletakkan di depan rumah. Tak mengherankan alasannya yaitu manfaat daun Sambiloto memang luar biasa.
 disebut juga dengan king of bitter atau raja pahit lantaran rasa pahit yang ditimbulkannya  Dibalik Rasa Pahitnya, Manfaat Daun Sambiloto Ternyata Luar Biasa

Tinggi herba ini sanggup hingga 90 cm dengan banyak cabang. Daun Sambiloto berukuran kecil berwarna hijau renta dan bunganya berwarna putih. Kecuali daunnya, bab lain tumbuhan Sambiloto pun berguna sebagai obat. Konsentrasi materi aktif yang dinamakan andrographolide yang ditemukan di dalam ekstrak daun terbukti sanggup menjaga kesehatan fungsi hati dari imbas merugikan senyawa galaktosamin dan parasetamol. Malah manfaat daun Sambiloto pun sanggup menghambat perkembangan sel-sel kanker dalam tubuh. Efek sitotoksik limfosit diperkuat Andrographolide guna menangkal perkembangan sel- sel kanker.

Artinya senyawa Andrographolide sanggup menjaga fungsi hati, menangkal sel kanker sekaligus memperkuat imunitas tubuh. Sampai dikala ini daun Sambiloto sudah dikenal sebagai materi utama dalam pengobatan herbal yang diantaranya sanggup menyembuhkan sejumlah penyakit berikut ini :

1. Meredakan demam
Segenggam daun Sambiloto ditumbuk hingga lumat dan tuangkan setengah gelas air bersih. Saring lalu minum eksklusif habis. Daun Sambiloto yang sudah dilumatkan tadi pun sanggup digunakan untuk tapal dalam upaya meredakan tanda-tanda demam.

2. Menyembuhkan diabetes
Persiapkan setengah genggam daun Sambiloto. Cuci dan selanjutnya masak beserta 3 gelas air higienis hingga airnya mendidih dan tersisa 2 1/4 gelas. Biarkan hingga agak dingin, lalu disaring. Minum air rebusan daun Sambiloto tadi sehabis makan. Dosis minum yaitu 3 kali sehari dengan ukuran 3/4 gelas sekali minum.

3. Mengatasi pilek dan sakit kepala
Sediakan 1 gram serbuk daun Sambiloto. Seduh memakai air panas sesuai kebutuhan. Biarkan agak hambar lalu gres diminum. Sehari 3 kali minum di pagi, siang dan malam hari.

4. Mengobati disentri, mencret, nanah jalan masuk pernapasan dan nanah paru
Sediaan daun Sambiloto kering sebanyak 15 gram dimasak bersama 3 gelas air hingga cuma menyisakan 1 gelas. Minum ramuan ini dua kali sehari dengan tiap kali minum setengah gelas. Namun sebelum minum, saring dulu untuk memisahkannya dengan ampas.

5. Penanganan gigitan binatang berbisa
Sediakan daun Sambiloto seperlunya. Seduh memakai air sesuai kebutuhan. Minum air seduhan itu cukup sekali sehari dengan tiap kali minum yaitu seperempat gelas. Ampas yang tertinggal di saringan boleh dibalurkan ke luka bekas gigitan.

6. Menyembuhkan hipertensi
Manfaat daun Sambiloto ini sanggup didapat dengan menyeduh 7 helai daun Sambiloto segar memakai setengah cangkir air panas. Aduk-aduk dan tuangkan madu sesuai selera. Sesudah mendingin ramuan sanggup dikonsumsi sebanyak 3 kali sehari.
LihatTutupKomentar