-->

5 Manfaat Daun Keji Kaca Yang Harus Diketahui

Keji Beling termasuk dalam jajaran tumbuhan berguna obat yang sudah populer semenjak dulu. Herba ini dinamakan juga sebagai Sambang Geteh atau keci Beling. Tumbuhan Keji Beling dengan nama latin Strobilanthes crispus ini merupakan jenis terna yang sering difungsikan sebagai pagar hidup. Dapat ditemui di hampir seluruh kawasan Indonesia alasannya bersifat liar. Tanaman ini banyak diambil manfaat kesehatannya terutama bab daun. Manfaat dau Keji Beling yang paling populer ialah kemampuannya melancarkan seni dan menggempur endapan batuan empedu.
 termasuk dalam jajaran tumbuhan berguna obat yang sudah populer semenjak dulu 5 Manfaat Daun Keji Beling Yang Harus Diketahui

Tumbuhan ini tinggi akan kandungan Kalsium, Kalium serta Natrium. Kecuali itu herba ini pun mempunyai kandungan senyawa tannin, glikosida an asam silikat. Selain untuk pelancar kencing, manfaat daun Keji Beling sanggup juga dimanfaatkan dalam mengobati gatal-gatal pada kulit tanggapan gigitan serangga. Daun Keji Beling pun berguna untuk obat mencret dan menurunkan tingkat kolesterol tinggi dalam darah. Ciri daun Keji Beling sendiri ialah sisi atas dengan warna hijau sementara sisi bawah dengan warna ungu tak terkecuali tulang daunnya berukuran 7 x 4 cm dengan tepi mempunyai gerigi.

1. Melancarkan kencing
Manfaatnya bisa didapat dengan mengambil daun Keji Beling segar sebanyak 25 g kemudian basuh higienis dan direbus bersama 2 gelas air kurang lebih 15 menit atau sampai air tersisa separuhnya. Sesudah agak mendingin ramuan disaring dan gres diminum. Sehari cukup sekali saja.

2. Peluruh kerikil empedu
Manfaat daun Keji Beling yang ini dengan menyediakan 5 helai daun Keji Beling dan 7 helai daun Ungu. Kedua jenis daun dibilas sampai higienis kemudian dimasak bersama 3 gelas air sampai mendidih dan menyisakan 2 gelas saja. Dalam keadaan hangat, minum ramuan ini sekali sehari. Lakukan dengan rutin.

3. Mengatasi susah BAB
Sediakan dulu segenggam daun Keji Beling yang gres dipetik. Seperti biasa basuh dulu sampai higienis kemudian direbus memakai 2 gelas air sampai tinggal 1 gelas. Saring ramuan setelah agak hangat dan pribadi saja diminum sekaligus 1 gelas.

4. Meredakan nyeri ambein
Manfaat daun Keji Beling lainnya lagi ialah untuk mengatasi nyeri wasir. Sediakan daun Keji Beling yang gres dipetik sebanyak 35 gram. Cuci, masukkan dalam panci stainless steel dan tuangkan 6 gelas air. Rebus sampai mendidih dan hanya tinggal 3 gelas. Saring dan minum ramuan ketika masih hangat.

5. Pereda demam
Saat menderita demam dengan tanda-tanda tubuh yang panas dingin, segera ambil 10 g daun Keji Beling yang masih segar. Dibersihkan memakai air selanjutnya dimasak bersama segelas air sampai mendidih. Angkat dan saring sehabis dingin. Ramuan bisa diminum pribadi habis.

Ternyata manfaat daun Keji Beling tak bisa diremehkan ya! Mulai kini anda bisa menanam tumbuhan obat ini di pekarangan rumah atau dalam pot di depan rumah untuk diambil keuntungannya di kala sakit.
LihatTutupKomentar