-->

Potensi Dan Manfaat Daun Pecah Beling

Tanaman Pecah Beling dengan istilah latinnya Strobilanthes crispus lebih dikenal dengan sebutan Keji Beling. Termasuk kerabat Acanthus yang populer bisa mengobati penyakit kerikil ginjal. Tanaman ini yaitu jenis semak yang tiba dari kepualaun Madagaskar yang lalu tersebar sampai ke Indonesia dan Malaysia. Sering hidup lahan pekarangan rumah rumah di desa dan sering pula dimanfaatkan menjadi tumbuhan pagar hidup. Gampang hidup pada lahan yang subur dan sedikit terlindung. Daun dengan ciri mempunyai ruas dan bulu bernafsu sehingga saat diraba akan terasa kasar. Tanaman ini tak cuma sebagai penghias pagar alasannya yaitu manfaat daun Pecah Beling ini sudah banyak dimanfaatkan menyembuhkan banyak sekali macam penyakit.
 dengan istilah latinnya Strobilanthes crispus lebih dikenal dengan sebutan Keji Beling Potensi dan Manfaat Daun Pecah Beling

Dari banyak literatur terungkap bila daun Pecah Beling mempunyai kandungan vitamin B1, B2 dan vitamin C yang cukup tinggi. Beberapa mineral pun didapatkan yaitu Kalium, Kalsium, Natrium, Asam Silikat, Zat Besi dan Fosfor. Daun Pecah Beling juga berisi sejumlah senyawa aktif lain ibarat katekin, alkaloid, kafein, dan tanin yang kesemuanya bisa memperlihatkan acara antioksidan. Dari hasil penelitian didapatkan bila senyawa Katekin yang diambil dari Strobilanthes crispus memperlihatkan acara antioksidan tertinggi bila dibandingkan yerbamate dan vitamin E. Konsumsi ekstrak daun sebanyak 5 g per hari dalam bentuk teh herbal sanggup memperlihatkan nutrisi embel-embel sekaligus juga antioksidan yang diharapkan badan untuk meningkatkan sistem pertahanan terutama terhadap timbulnya penyakit degeneratif.

Manfaat daun Pecah Beling yang andal lainnya lagi yaitu kemampuannya mengobati kanker, diabetes, problem ginjal dan fungsinya sebagai obat diuretik. Tanaman ini mempunyai kandungan kalsium karbonat yang tinggi dimana dari hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Jepang baru-baru ini mengungkapkan bahwa molekul senyawa dalam daun Pecah Beling bisa memperlambat pertumbuhan retrovirus ibarat HIV yang menjadikan AIDS. Manfaat lainnya yang dikonsumsi dalam bentuk teh juga bisa membantu meningkatkan buang air kecil, melancarkan buang air besar, meredakan perut kembung dan meningkatkan sirkulasi darah.

Dikombinasikan dengan bahan-bahan herba lain, manfaat daun Pecah Beling sanggup untuk menyembuhkan atau setidaknya mengurangi nyeri kencing bernanah. Bahan-bahan yang mesti disiapkan yaitu 6 helai daun pecah beling, 20 helai daun picisan, 10 helai daun Antanan, 25 helai daun jinten, 9 helai daun murbei, 12 helai daun meniran, 8 helai daun sendok, 8 helai daun bengang, 50 helai daun kumis kucing dan gula aren sedikit saja. Semua materi dicuci higienis dari kotoran dan dirajang-rajang. Masak bersama 4 gelas air sampai mendidih dan sisa air rebusan hanya separuhnya. Angkat dari kompor dan biarkan agak mendingin. Saring dulu sebelum diminum. Dosisnya 3/4 gelas dengan 3 kali minum dalam sehari.



LihatTutupKomentar