-->

Mengambil Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan

Pandan termasuk tanaman yang sering dijumpai di Indonesia. Manfaat daun Pandan selain sebagai pemberi aroma pada masakan, juga mengatakan manfaat kesehatan untuk tubuh. Daun Pandan mempunyai kandungan zat gizi penting antara lain glikosida, tannin dan alkaloida. Ketiganya berperan penting untuk kelancaran metabolisme tubuh. Dan berikut beberapa manfaat kesehatan yang bisa diambil dari selembar daun Pandan :
 termasuk tanaman yang sering dijumpai di Indonesia Mengambil Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan

1. Meredakan nyeri encok
Untuk itu sediakan daun Pandan segar cukup 3 helai saja. Bilas dengan air higienis untuk menghilangkan kotorannya kemudian potong kecil-kecil. Sediakan 1/2 cangkir minyak kelapa panas dan masukkan irisan daun Pandan ke dalamnya. Aduk-aduk sebentar dan tunggu hingga minyak mendingin. Minyak ini nantinya dipakai menggosok bab badan yang nyeri lantaran encok atau rematik.

2. Untuk memudahkan tidur
Manfaat daun Pandan ini bagi mereka yang menderita insomnia. Daun Pandan mempunyai kadar senyawa tannin yang tinggi yang mempunyai pengaruh bisa menenangkan syaraf. Khasiat ini layaknya makan cokelat yang juga bisa mengatakan pengaruh ketenangan. Cara menciptakan ramuan daun Pandan ini ialah : sediakan 2 helai daun Pandan, basuh dan rajang kecil. Masukkan dalam gelas yang berisi air panas. Biarkan beberapa saat, gres kemudian disaring ketika akan diminum. Ramuan diminum 2 kali sehari.

3. Peningkat nafsu makan
Bila anda hari-hari ini sedang tak selera makan mungkin anda perlu pemanis nafsu makan. Tak perlu membeli obat-obatan yang mahal alasannya ialah anda hanya perlu mengkonsumsi minuman herbal dari pandan. Siapkan 2 helai daun Pandan selanjutnya rebus beserta 2 gelas air hingga tinggal separuhnya. Agar makin nikmat tambahkan beberapa tetes madu atau gula batu. Supaya manfaat daun Pandan bisa didapatkan secara optimal anda perlu mengkonsumsi ramuan ini rutin pagi dan sore.

4. Menetralkan tekanan darah yang meninggi
Manfaat daun Pandan sebagai obat penurun tensi darah sanggup diperoleh dengan meracik ramuan dengan materi 2 helai daun Pandan yang dimasak beserta 2 gelas air. Tiap pagi dan sore upayakan untuk meminum ramuan ini biar kesudahannya bisa segera diperoleh.

5. Obat galau
Tensi kerja yang padat sering menciptakan pikiran tak hening dan gelisah. Anda perlu menenangkan pikiran anda dengan menciptakan ramuan alami dari daun Pandan ini. Minuman teh daun Pandan ini bisa dibentuk dengan menyeduh 3 lembar daun pandan yang sudah dirajang-rajang ke dalam air panas. Tunggu beberapa ketika hingga agak hangat dan biar khasiatnya lebih nyata, anda bisa menambahkan 1 sendok makan madu murni.

6. Ramuan penghilang ketombe
Ternyata manfaat daun Pandan pun bisa untuk rambut. Siapkan 10 lembar daun Pandan, tumbuk hingga lumat dan tambahkan sedikit air. Aplikasikan ramuan ini pada rambut sambil dipijit-pijit lembut. Diamkan beberapa ketika biar meresap ke kulit kepala. Terakhir basuh rambut dengan shampo menyerupai biasa.

LihatTutupKomentar