-->

Ini Manfaat Tidur Siang Yang Menakjubkan

Ini Manfaat Tidur Siang Yang Menakjubkan - Tengah hari sehabis bersantap siang permintaan untuk menyenderkan kepala demikian kuat. Kedua mata mendadak menjadi berat dan mendadak juga layar desktop tidak lagi menarik. Lebih baik anda tidur barang sesaat untuk mengembalikan kondisi badan. Manfaat tidur siang sangat anggun untuk kesehatan walaupun hanya sejenak.
Ini Manfaat Tidur Siang Yang Menakjubkan Ini Manfaat Tidur Siang Yang Menakjubkan
baca juga : Berbagai Manfaat Kesehatan dari Rambutan

Ketika tidur banyak sekali proses  berlangsung dalam otak. Pada otak kanan memperlihatkan kerja yang tinggi. Hal tersebut mengherankan lantaran lebih banyak didominasi orang menggunakan asisten yang lebih banyak disetir oleh otak kiri. Namun selama tidur, otak kanan malah yang lebih aktif. Ketika istirahat siang, otak akan melaksanakan sejumlah pekerjaan mental contohnya pengelolaan dan pemrosesan informasi. Di samping itu beberapa manfaat tidur siang yang utama yaitu :

1. Mendongkrak produktivitas kerja
Istirahat siang bisa mengamankan otak dari pemrosesan isu yang hiperbola dan mengelola isu yang belum usang diterima oleh otak. Hal tersebut dengan sendirinya akan memperbaiki tingkat konsentrasi dan kinerja di kantor. Malah studi terdahulu mendapati bahwa tidur siang bisa mengendalikan tekanan darah.

2. Memperbaiki daya mengingat
Suatu riset yang dilakukan pada tahun 2008 mendapati bahwa istirahat siang setidaknya 45 menit akan membantu memperbaiki kemampuan mengingat. Peningkatan tersebut berlangsung pada fase slow-wave sleep alias tidur gelombang pendek menyerupai yang terjadi ketika tidur siang. Naiknya kerja otak ketika tengah tidur pun dipercaya mempunyai kegunaan ketika berguru bahasa asing. Kosa kata atau istilah gres menjadi praktis diingat kalau kerap diucapkan ketika tidur.

3. Menyembuhkan sulit tidur
Studi telah mendapati bahwa seseorang yang istirahat siang setidaknya 15 menit akan menjadi lebih sigap dan tak akan mengantuk biarpun ketika malam hari sebelumnya tak cukup tidur. Hasilnya memang majemuk untuk tiap orang, tapi suatu studi yang dilakukan pada tahun 2011 mengkonfirmasi bahwa manfaat tidur siang akan menjadikan pengidap insomnia menjadi lebih segar lantaran jumlah waktu istirahatnya menjadi makin panjang.

4. Menangkal terjadinya serangan jantung
Istirahat siang sebentar kurang lebih 20 sampai 40 menit sanggup menurunkan kemungkinan terkena gangguan kardiovaskular contohnya stroke dan jantung. Hal ini berdasarkan studi yang dikerjakan oleh ilmuwan Yunani. Ilmuwan tersebut mendapati bahwa seseorang yang paling tidak tidur selama 1/2 jam 3 kali seminggu bisa mengurangi kemungkinan gangguan kardiovaskular sebanyak 37 %. Berdasarkan penelitian tersebut, tidur siang hendaknya berlangsung antara jam 1 sampai 3 siang dengan tak melebihi 45 menit. Kalau kelamaan malah akan mengakibatkan kepala berat ketika bangun.

5. Meredakan ketegangan
Riset memperlihatkan bahwa hormon penyebab stres akan terjadi penurunan setelah tidur siang, lebih-lebih kalau malam sebelumnya tak bisa tidur pulas. Suatu penelitian di Jerman mendapati bahwa ketika sejumlah pilot tidur tak lebih dari 7 jam semalam ketika akan bekerja, konsentrasi kortisol dalam darahnya naik secara mencolok dan akan tetap ada dalam 2 hari. Akan tetapi ketika istirahat siang walau sesaat, tingkat kortisol darah akan menurun setengahnya.
LihatTutupKomentar