-->

Manfaat Daun Kenikir Ternyata Lebih Mahir Dari Kelezatannya

Bila memperhatikan tumbuhan liar ini, tak ada yang menduga bila nyatanya tumbuhan ini sanggup diolah menjadi hidangan makanan. Seringnya digunakan sebagai salah satu embel-embel aneka sayur pendukung hidangan pecel. Ya,..itulah daun Kenikir. Tidak cuma cita rasanya yang nikmat, namun ternyata manfaat daun Kenikir ampuh untuk menyehatkan tubuh. Mungkin tak setiap orang tahu tumbuhan yang berasal dari Amerika Latin ini. Memiliki daun panjang berwarna hijau dan bunga kuning agak orange. Tumbuhan ini tergolong sebagai tumbuhan liar, alasannya yaitu sering ditemui menjadi tumbuhan penghias pagar rumah.
 tak ada yang menduga bila nyatanya tumbuhan ini sanggup diolah menjadi hidangan masakan Manfaat Daun Kenikir Ternyata Lebih Hebat Dari Kelezatannya

Menyandang nama latin Cosmos caudatus Kunth, tumbuhan Kenikir cukup terkenal di kalangan masyarakat Jawa sebagai salah satu sayur untuk pecel. Daun Kenikir mempunyai aroma khas yang agak bacin dengan citarasa agak getir di lidah. Dari hasil penelitian didapatkan fakta bila daun Kenikir mempunyai kandungan aneka macam senyawa aktif antara lain flavonoid, saponin, minyak atsiri dan polifenol. Manfaat daun Kenikir di bidang kesehatan ini semenjak dahulu telah digunakan untuk peningkat nafsu makan, mengobati gangguan lambung, menguatkan tulang sekaligus juga pengenyah gangguan serangga. Suatu riset tersendiri pun mendapati kandungan antioksidan yang tinggi dalam daun Kenikir ini.

Senyawa aktif dengan kemampuan antioksidan ini bisa merangsang proses apoptosis lewat mitokondria sel. Perangsangan terjadinya apoptosis yaitu sebuah cara untuk menghambat munculnya indikasi karsinogenesis atau kanker. Kemampuan antioksidan yang dimilikinya dari hasil penelitian setara dengan 2400 mg vitamin C untuk tiap 100 gram daun Kenikir segar. Senyawa antioksidan ini terutama didominasi golongan proantosianidin.

Tidak sedikit peneliti yang mempercayai bila hasil penelitian ini sudah bisa untuk menyimpulkan manfaat daun Kenikir menjadi materi alami penangkal kanker. Kerja senyawa antioksidan secara umum bisa untuk menghindarkan kemungkinan terjadinya kerusakan sel yang dipicu oksidasi radikal bebas baik yang dihasilkan badan sendiri maupun yang berasal dari lingkungan luar yang tercemar. Rusaknya sel yang dipicu radikal bebas akan menyebabkan beberapa problem pada badan diantaranya penyumbatan pembuluh darah arteri, parkinson dan alzheimer.

Komposisi materi antioksidan dalam daun Kenikir setidaknya terdapat 4 jenis senyawa kuersetin yang menawarkan kemampuan antioksidan lebih berpengaruh bila dibanding vitamin E. Untuk itulah manfaat daun Kenikir dalam menunjang kesehatan badan tak perlu diragukan lagi. Cara mengolah daun Kenikir ini relatif cepat. Ambil daun Kenikir sesuai yang diperlukan, basuh higienis dan kukus sebentar untuk menghilangkan bibit penyakit maupun materi kimia yang melekat di permukaan daun. Angkat dan daun Kenikir siap disiram dengan sambel pecel atau bisa juga dibentuk urap. Tambahkan sayuran lain sebagai embel-embel bila mau. Rasanya Hmm sudah niscaya nikmat, terlebih bila sambel pecelnya pedas nendang.

LihatTutupKomentar