-->

Definisi Organisasi

Definisi Organisasi - Organisasi identik dengan sekelompok individu yang terstruktur dan sistematis yang berada dalam sebuah sistem. definisi lain dari organisasi ialah wadah untuk sekelompok individu berinteraksi dalam wewenang tertentu. Secara umum, organisasi sanggup diartikan sebagai sebuah sistem yang terdiri dari sekelompok individu yang melalui suatu hierarki sistematis dalam pembagian kerja dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara structural dan sistematis. Beradasarkan definisi tersebut, organisasi mempunyai beberapa batasab-batasan yang sanggup di gambarkan dalam sebuah organisasi.

Definisi Organisasi Menurut Ahli
identik dengan sekelompok individu yang terstruktur dan sistematis yang berada dalam sebua Definisi Organisasi
  1. Stoner menyampaikan bahwa organisasi adalah suatu contoh hubungan-hubungan orang-orang yang ada dibawah pengawasan dan pengarahan atasan untuk mengejar tujuan bersama.
  2. Menurut Stephen P. Robbins, organisasi merupakan kesatuan social yang dikoordinasikan secara sadar dengan sebuah batasan yang relative sanggup diidentifikasi dan bekerja atas dasar yang relative terus=menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
    Jadi, dalam sebuah organisasi, terdapat beberapa contoh kekerabatan antar individu yang mempunyai tanggung jawab masing-masing dalam mewujudkan tujuan organisasi. Dengan demikian,pola kekerabatan ini membentuk suatu budaya organisasi, janji organisasi, serta sikap organisasi yang sanggup dilihat dan dikaji.
Definisi Organisasi Formal dan Informal
  1. Organisasi formal ialah kumpulan dari dua orang atau lebih yang mengikatkan diri dengan suatu tujuan bersama secara sadar serta dengan kekerabatan kerja yang rasional. Contoh : Perseroan terbatas, Sekolah, Negara, dan lain sebagainya.
  2. Organisasi informal ialah kumpulan dari dua orang atau lebih yang telibat pada suatu aktifitas serta tujuan bersama yang tidak disadari. Contoh : Arisan ibu-ibu sekampung, mencar ilmu bersama belum dewasa SD, kemping ke gunung pangrango rame-rame dengan teman, dan lain-lain.
LihatTutupKomentar