-->

Ragam Manfaat Daun Nangka

Nangka termasuk flora dengan buah terbesar di dunia. Pohon Nangka (Artocarpus heterophyllus) termasuk dalam keluarga Murbei. Pohonnya sering mencapai ketinggian di atas 20 m. Buah Nangka kadang kala sanggup mencapai berat 32 kg. Daun Nangka berbentuk lonjong, oval atau berbentuk lingkaran panjang, biasanya panjangnya 4 sampai 6 inci. Memiliki tekstur kasar, berwarna hijau mengkilap. Buah Nangka biasanya berbau tajam agak wangi dengan daging berwarna kuning kenyal dan berserat. Di tengahnya terdapat biji dengan kandungan zat pati yang tinggi. Tanaman ini lebih sering diambil buahnya sementara daun biasanya hanya berguguran dan kering. Belum banyak yang tahu manfaat daun Nangka kendati mempunyai kegunaan untuk kesehatan.
 termasuk flora dengan buah terbesar di dunia Ragam Manfaat Daun Nangka

Beberapa penelitian mengungkapkan kalau manfaat daun Nangka sanggup dipakai untuk menyembuhkan demam, bisul dan penyakit kulit. Ketika dipanaskan, daun Nangka terbukti bermanfaat dalam menyembuhkan luka. Untuk menyembuhkan bisul, daun Nangka dibakar dengan jagung dan kelapa sehingga menjadi abu. Abu tadi lalu dicampur dengan minyak kelapa dan dioleskan pada bisul. Ekstrak daun Nangka pun sanggup menyembuhkan asma, mencegah kutu kurap dan menyembuhkan kaki pecah-pecah. Dalam sebuah penelitian juga memakai ekstrak daun Nangka kepada penderita diabetes sebagai ukuran kontrol. Pemberian daun Nangka sanggup pula untuk mengobati watu empedu.

Ibu yang sedang menyusui namun produksi ASI tak lancar sanggup memakai manfaat daun Nangka untuk menderaskan ASI. Untuk ini sediakan daun Nangka segar sekitar 30 g sampai 40 g yang direbus dengan air sampai mendidih dan menyisakan separuhnya. Minum di dikala hangat. Ibu Menyusui pun sanggup memakai bunga pohon Nangka untuk meningkatkan produksi ASI ini. Manfaat lain dari daun Nangka terutama yang muda sanggup diberikan sebagai pakan ternak untuk penggemukan. Di India, manfaat daun Nangka pun dipakai sebagai pembungkus masakan ketika memasak, dan mereka juga dipakai sebagai ganjal makanan.

Selain daun, bab lain flora pun mempunyai manfaat diantaranya yakni :

- Getah yang terdapat pada buah Nangka sanggup membantu mengobati dysopia, opthalmities dan faringitis. Getah buah Nangka bila dicampur dengan cuka sanggup untuk menyembuhkan abses, gigitan ular dan pembengkakan kelenjar.

- Kayu pohon Nangka banyak dipakai dalam pembuatan alat musik, furnitur, pintu, jendela dan konstruksi atap.

- Zat pati yang terdapat pada biji buah berguna dalam mengurangi iritasi kulit, sedangkan bijinya bila dipanggang diklaim sanggup sebagai masakan pembangkit gairah seks atau afrodisiak.

- Akar pohon Nangka sanggup dipakai untuk obat penyakit kulit, demam dan diare.

- Di negeri Cina, pulp dari biji Nangka dianggap sebagai masakan penurun panas dan juga sebagai tonik bernutrisi. Biji dan buah Nangka pun berguna dalam mengatasi efek alkohol pada metabolisme badan seseorang.

LihatTutupKomentar