-->

Jangan Pernah Meremehkan Manfaat Daun Singkong Berikut Ini

Selama ini tumbuhan singkong di Indonesia lebih banyak diambil umbinya sebagai alternatif sumber pangan pengganti nasi. Sementara pemanfaatan daun Singkong masih terbatas. Manfaat daun Singkong untuk kesehatan terutama alasannya kadar senyawa rutin di dalamnya. Senyawa Rutin sendiri banyak digunakan sebagai materi baku pembuatan obat dan kosmetika. Manfaat lain yaitu menjadi zat perangsang pertumbuhan tanaman.
 di Indonesia lebih banyak diambil umbinya sebagai alternatif sumber pangan pengganti nasi Jangan Pernah Meremehkan Manfaat Daun Singkong Berikut Ini

Nama ilimiah untuk tumbuhan Singkong yaitu Sophora japanica atau fagopyrum esculentum. Beberapa manfaat daun Singkong yang sudah dibuktikan diantaranya yaitu mengobati beberapa penyakit berikut ini :

1. Menyembuhkan nyeri encok
Siapkan 5 helai daun Singkong ditambah 1/4 sendok makan kapur sirih. Haluskan kedua materi dengan cara menumbuknya hingga lembut, selanjutnya borehkan di bab yang nyeri.

2. Meredakan demam
Petik setangkai daun Ubi kayu, lalu godog bersama 3 gelas air hingga airnya mendidih. Setelah agak masbodoh ramuan disaring dan tampung airnya. Minum ramuan ini di pagi dan sore hari masing-masing 1 gelas. Boleh juga dengan menumbuk 3 helai daun Ubi kayu hingga lumat dan digunakan sebagai tapal kompres.

3. Penghilang nyeri kepala
Untuk itu sediakan 3 helai daun Ubi kayu, lumatkan dan balurkan pada dahi dan kening.

4. Pereda mencret
Manfaat daun Singkong yang ini dengan memetik 7 helai daun Ubi kayu, lantas dimasak beserta 4 gelas air hingga mendidih dan cuma tersisa 2 gelas. Ramuan diminum sehari 2 kali pada pagi dan sore hari. Jangan lupa ramuan disaring lebih dulu.

5. Membasmi cacing di perut
Gunakan kulit batang ubi kayu seperlunya, selanjutnya godog beserta 3 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas saja. Ramuan diminum sebelum istirahat malam. Namun jangan lupa menyaringnya lebih dulu.

6. Mengobati penglihatan kabur
Siapkan daun ubi kayu sesuai kebutuhan berikutnya dimasak dengan dibumbui bawang putih dan sedikit garam. Santap sebagai lauk nasi tiap hari.

7. Menyembuhkan luka melepuh
Untuk yang ini gunakan umbinya, sepotong saja. Kupas, basuh dan lalu diparut. Peras dan tampung air sarinya. Diamkan sebentar hingga tepung mengendap. Buang airnya dan gunakan endapan tepung untuk mengolesi kulit badan yang melepuh.

Manfaat daun Singkong yang lain yaitu untuk materi baku pembuatan tempe, pembuatan tepung daun Singkong yang sanggup digunakan untuk memproduksi biskuit sehat. Air perasan daun Singkong dari hasil penelitian terbaru pun terbukti mempunyai kandungan bioflavinoid (vitamin P). Vitamin P ini bermanfaat mengurangi tingkat permeabilitas pembuluh darah. Setelah mengetahui aneka macam manfaatnya, sudah saatnya jikalau anda memasukkan daun Singkong ini dalam sajian masakan harian anda. Daun Singkong sanggup diolah menjadi aneka macam sajian yummy yang menggugah selera makan. Nah selamat mencoba!

LihatTutupKomentar