-->

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 62, 63, 64, 65, 66, 67, 68.

–Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3  Tokoh dan Penemuan Subtema 2 Penemuan dan Manfaatnya Pembelajaran 1 Halaman 62, 63, 64, 65, 66, 67, 68.


Tema 3 Kelas 6 SD Subtema 2 Pembelajaran 1


 Ia adalah penemu yang pada kesempatan itu untuk pertama kalinya menunjukkan bahwa gambar  Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 62, 63, 64, 65, 66, 67, 68.


Baca teks eksplanasi ilmiah  berikut dengan teliti!

Ayo membaca

Si Kotak Ajaib

John Logie Baird lahir di Skotlandia, 13 Agustus 1888. Ia adalah penemu yang pada kesempatan itu untuk pertama kalinya menunjukkan bahwa gambar hidup dapat ditransmisikan melalui pesawat yang sekarang dikenal sebagai televisi. Baird mendemonstrasikan televisi di depan para bapak-bapak dan ibu-ibu, di Royal Institute-London untuk pertama kalinya pada tahun 1925. Seiring dengan perkembangan teknologi, lalu televisi kemudian terus berkembang hingga menjadi semakin canggih seperti saat ini.

Prinsip kerja televisi secara umum adalah mengubah sinyal elektonik dan magnetik menjadi gambar dan suara. Sinyal tersebut berupa gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang terdiri atas medan magnet dan medan listrik. Gelombang elektromagnet dapat merambat, dipantulkan, dan dibiaskan tanpa media perantara. Gambar yang kita lihat di layar televisi adalah hasil produksi dari sebuah kamera. Pada awalnya, objek gambar yang ditangkap kamera akan diubah menjadi sinyal gelombang elektromagnetik. Sinyal tersebut akan ditransmisikan oleh pemancar ke pesawat penerima pada televisi. Pesawat televisi akan mengubah sinyal yang diterima menjadi objek gambar yang utuh sesuai dengan objek yang ditranmisikan, dalam bentuk hitam putih atau berwarna.

Jadi, televisi adalah sebuah media telekomunikasi yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara. Kata “televisi” merupakan gabungan dari bahasa Yunani “tele” artinya jauh dan bahasa Latin “visio” artinya penglihatan. Sehingga televisi dapat diartikan sebagai “alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual/penglihatan”. Penemuan televisi juga dikategorikan sebagai penemuan besar yang mampu mengubah peradaban dunia.


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3 Halaman 62

Baca kembali teks tersebut dengan teliti, tuliskan informasi penting dalam setiap paragraf pada diagram berikut!


Paragraf 1: Topik Masalah
Jawaban :
Penemuan televisi oleh John Logie Baird.

Paragraf 2: Deret Penjelas
jawaban :
Prinsip kerja televisi yaitu mengubah sinyal elektromagnetik menjadi gambar dan suara. Awalnya objek gambar yang ditangkap kamera diubah menjadi sinyal gelombang elektromagnetik. Sinyal tersebut akan ditransmisikan oleh pemancar ke pesawat penerima pada televisi. Pesawat televisi akan mengubah sinyal tersebut  menjadi objek gambar yang utuh.

Paragraf 3 : Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
jawaban :
Televisi berfungsi sebagai penerima siaran video dan audio dari jarak jauh. Oleh karena itu, penemuan televisi termasuk penemuan yang mengubah peradaban dunia.

Paragraf 4 :
jawaban :
Penemuan televisi di kategorikan sebagai penemuan besar yang mampu mengubah peradaban dunia.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3 Halaman 63

Perhatikan penggalan-penggalan kalimat  bercetak miring pada teks tersebut.

Tuliskan pada kolom berikut untuk didiskusikan pada pembelajaran berikutnya.  

 Ia adalah penemu yang pada kesempatan itu untuk pertama kalinya menunjukkan bahwa gambar  Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 62, 63, 64, 65, 66, 67, 68.

Kalimat tersebut akan didiskusikan pada pembelajaran berikutnya.

Televisi  adalah salah satu  penemuan yang sangat penting.  Ayo, kita bahas lebih lanjut tentang   pengaruh televisi  terhadap kehidupan masyarakat Indonesia!


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3 Halaman 64

Ayo Berdiskusi

Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini terdapat banyak stasiun televisi yang menayangkan berbagai  acara setiap hari, bahkan hampir  selama 24 jam penuh. Jenis acara yang ditayangkan sangat beragam, seperti  berita, film anak-anak maupun film dewasa, talk show,  sinetron, dan acara hiburan lainnya. 

Bagaimana kalian menyikapi hal tersebut? 

Bagaimana dampak positif dan dampak negatif televisi terhadap kehidupan masyarakat?

Diskusikan hal tersebut bersama teman, dan tuliskan hasilnya dalam diagram berikut:

 Ia adalah penemu yang pada kesempatan itu untuk pertama kalinya menunjukkan bahwa gambar  Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 62, 63, 64, 65, 66, 67, 68.


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3 Halaman 65

Ayo Mengamati

Renungkan sikapmu selama ini terhadap keberadaan televisi di rumah. Tuliskan rencana ke depan untuk memiliki sikap lebih bertanggung jawab  dalam menggunakan pesawat televisi di rumah, sehingga akan memberikan manfaat positif bagi kehidupanmu!

Jawaban :
Belajar, mengerjakan PR, menyiapkan perlengkapan sekolah untuk esok hari lebih dulu sebelum menonton TV, dan mematikan televisi setelah digunakan.

Baca kembali daftar alat dan bahan yang telah kamu  buat pada pembelajaran sebelumnya.

Siapkan alat dan bahan yang telah kamu bawa hari ini untuk percobaan membuat rangkaian lampu paralel sederhana.

Gambarlah rencana rangkaian lampu paralel  yang akan kamu buat. Sesuaikan rancanganmu dengan bahan-bahan yang kamu miliki.

Kamu dapat menambah jumlah lampu atau baterai, sehingga rangkaian lampu  paralel yang dibuat teman-teman sekelas  nanti akan beragam. 

Berikut sedikit petunjuk tentang rangkaian lampu paralel sederhana.

 Ia adalah penemu yang pada kesempatan itu untuk pertama kalinya menunjukkan bahwa gambar  Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 62, 63, 64, 65, 66, 67, 68.


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3 Halaman 66

 Ia adalah penemu yang pada kesempatan itu untuk pertama kalinya menunjukkan bahwa gambar  Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 62, 63, 64, 65, 66, 67, 68.

Berikan rancanganmu kepada guru untuk diperiksa.

Jika telah disetujui guru, sekarang kamu dapat membuat rangkaian lampu paralel berdasarkan rancangan tersebut!

Ikuti panduan keselamatan kerja pada pembelajaran sebelumnya, selama kamu melakukan percobaan!


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3 Halaman 67 dan 68

Sekarang kamu akan menguji model lampu yang telah dibuat.

1.Apakah lampu pada rangkaian paralel menyala dengan baik?
Jawaban :
Ya,lampu pada rangkaian paralel menyala dengan baik

2.Jika ya, bandingkan terangnya  lampu pada rangkaianmu dengan lampu
milik teman yang lain. Analisis penyebab perbedaan tersebut. 
Jawaban :
Ada beberapa lampu pada rangkaian milik teman yang menyala lebih terang dan ada juga yang redup, hal ini dikarenakan ada perbedaan jumlah dan ukuran baterai yang digunakan.

3.Jika lampu tidak menyala, bandingkan rangkaian lampumu dengan
rangkaian milik teman yang menyala . Temukan kesalahannya dan perbaiki. 
Jawaban :
Jawaban no 3 di sesuaikan dengan kondisi rangkaian paralel milik teman-teman mu, jika semua nya menyala maka soal no 3 tidak perlu di isi.

4.Jika lampu mudah putus, amati jumlah baterai yang digunakan, kemudian
temukan permasalahannya.
Jawaban : lampu mudah putus disebabkan oleh besarnya arus listrik yang dihasilkan oleh baterai, cara mengatasinya adalah dengan mengurangi jumlah baterai yang digunakan.

Ayo menulis

Buatlah laporan dari percobaan membuat rangkaian paralel sederhana yang kamu lakukan!

 Ia adalah penemu yang pada kesempatan itu untuk pertama kalinya menunjukkan bahwa gambar  Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 62, 63, 64, 65, 66, 67, 68.


Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3 Subtema 2  Pembelajaran 1 Halaman Halaman 62, 63, 64, 65, 66, 67, 68 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca. Salam

LihatTutupKomentar