-->

Sejarah : Bukti Sejarah Masuknya Islam Di Indonesia

Bukti Sejarah Masuknya Islam di Indonesia|masuknya islam di indonesia, kita akan berdasar pada bukti-bukti, sumber-sumber atau penemuan-penemuan baik itu benda-benda atau bangunan-bangunan yang berkaitan ihwal islam. Bukti Sejarah Masuknya Islam di Indonesia :-Berdasarkan bukti dalam sumber-sumber sejarah masa ke -7, berdasarkan gosip cina dari Dinasti Tang bahwa ada orang-orang Ta-Shih (Ta-Cheh) yang tiba ke wilayah nusantara. Sebutan Ta-Shih dalam gosip itu disamakan dengan orang-orang Arab. Para pedagang Arab itu menyebut Sriwijaya dengan Zabag atau Sribusa. Sementara itu, W.P. Groenevelat mengatakan bahwa semenjak tahun 674 sudah ada pedagang-pedagang Arab bermukim di pantai barat Sumatera. Pemukiman orang-orang Arab di pantai barat Sumatera itu kemungkinan besar adalah pelabuhan Barus. Ptolemeuss, seorang ilmuwan dari Iskandariah, Mesir menyebut pelabuhan populer di pantai barat Sumatera dengan sebutan Barousai. Para pedagang dari luar tiba ke Pelabuhan Barus untuk mendapat kapur barus. Jadi, Islam dikenal di Indonesia sudah semenjak masa ke-7. 

Berdasarkan peninggalan berupa kerikil tertulis tertua beraksasa dan berhuruf Arap yang ditemukan di Leran, Gresik diperkirakan Islam mulai berkembang di Jawa pada masa ke-11. Batu Leran itu memuat keterangan ihwal meninggalnya seorang wanita berjulukan Fatimah binti Maimum dengan angka tahun 1028.

Menurut gosip dari seorang musafir Venesia yang berjulukan Marco Polo, pada masa ke-13, Islam sudah berkembang di Indonesia. Ia menunjuk bukti bahwa di tempat Aceh Utara telah ditemukan makam raja Islam di Samudra Pasai, yaitu Makam Raja Malik al Saleh yang berangka tahun 1297. 

Dari beberapa keterangan tersebut sanggup disimpulkan bahwa islam sudah dikenal di Indonesia paling tidak semenjak masa ke-7. Pada masa ke-11 islam mulai berkembang di Jawa dan pada masa ke-13 berkembang makin mantap dengan munculnya Kerajaan Samudera Pasai. Selanjutnya, Islam menyebar secara luas ke seluruh Nusantara kira-kira pada masa ke-15 hingga dengan masa ke-16

Bukti Sejarah Masuknya Islam di Indonesia Sejarah : Bukti Sejarah Masuknya Islam di Indonesia

Itulah pembahasan tentang Sejarah : Bukti Sejarah Masuknya Islam di Indonesia, lihat proses masuknya islam di Indonesia dan Sejarah penyiaran agama Islam di IndonesiaSekian artikel tentang Bukti Sejarah Masuknya Islam di Indonesia supaya bermanfaat 
LihatTutupKomentar