-->

Posisi Benua dan Samudra

kita akan mempelajari tentang pembagian permukaan bumi atas benua dan samudera, Posisi Benua dan Samudra, Batas-batas Samudra Hindia, Ciri-ciri khusus Samudra Hindia, Batas-batas Samudra Hindia, Ciri-ciri khusus Samudra Pasifik, Batas-batas Samudra Hindia, Ciri-ciri khusus Samudra Atlantik, Ciri-ciri Khusus Samudra Arktik.

Benua dan Samudra

Bentuk muka bumi terdiri atas daratan dan lautan. Benua merupakan kenampakan bumi yang berupa daratan, sedangkan samudra meliputi lautan yang cukup luas.

Benua-benua yang ada di dunia terdiri atas 6 benua yaitu Benua Asia, Benua Afrika, Benua Amerika, Benua Eropa, Benua Australia, dan Benua Antartika.

Sedangkan Samudera di dunia terdiri atas Samudera Hindia, Samudera Pasifik, Samudera Atlantik, dan Samudera Artik.

Posisi Benua dan Samudra

Dengan cara membaca peta dunia atau globe, kalian dapat menjelajahi benua. Pada peta dunia kalian akan melihat simbol warna seperti warna hijau, coklat, kuning, putih dan biru. Benua-benua yang ada di dunia terdiri atas 6 benua dengan 1 benua tidak dihuni secara permanen.

Benua-benua tersebut mempunyai luas yang berbeda.

  1. benua Asia Luas 44.180.000
  2. benua Amerika Luas 42.88.568
  3. benua Afrika Luas 30.295.000
  4. benua Eropa Luas 27.273.272
  5. benua Australia Luas 7.683.300
  6. benua Antartika Luas 13.200.000
Benua yang tidak dihuni adalah Benua Antartika karena daerahnya terlalu dingin dan selalu bersalju. Benua ini hanya digunakan oleh para peneliti.

Benua-benua ini dipisahkan oleh massa air yang luas, tetapi ada beberapa benua yang pemisahannya sebagai berikut.
  • Benua Asia dan Eropa bersatu, sehingga batas benua tersebut adalah pegunungan Ural, Laut Kaspia, dan Laut Hitam.
  • Benua Asia dan Afrika bersatu sehingga batas benua tersebut adalah terusan Suez dan laut merah. Terusan Suez adalah terusan yang digali untuk memperpendek jarak dan menghubungkan Laut Mediterranean dan Laut Merah.

Bagaimanakah Samudranya? Lapisan air ini dapat mengisi cekungan di daratan maupun di lekukan yang  besar di permukaan bumi.

Lapisan air yang menyelimuti lekukan-lekukan permukaan bumi tersebut membentuk massa air luas yang dikenal dengan samudra atau lautan dan massa air yang sempit disebut dengan laut.

Rasa air asin disebabkan oleh air hujan yang mengalir di daratan membawa unsur kimia terutama NaCl (Natrium Klorida) ke laut.

Di laut terjadi arus dan gelombang, sehingga Na Cl diaduk oleh arus laut dan gelombang dan terjadi reaksi, sehingga rasa air laut menjadi asin.

Jadi perbedaan antara perarian laut dan perairan daratan adalah rasa asin. Jumlah air laut jauh lebih banyak daripada air daratan.

Luas samudra mencapai 71 % dari seluruh air di permukaan bumi, sedangkan luas daratan hanya 29 %. Massa air yang menutupi permukaan bumi tersebar dalam bentuk samudra, laut, selat dan teluk.

Bentuk massa air ini disebut dengan perairan laut. Perairan laut yang besar yang dikenal dengan samudra tersebar pada 4 samudra antara lain:
  1. Samudra Hindia,
  2. Samudra Pasifik,
  3. Samudra Atlantik, dan
  4. Samudra Arktik.

1. Samudra Hindia

Samudra Hindia mempunyai luas 77.118.000 km2. Mempunyai kedalaman ratarata 3.811 meter. Sedangkan titik terdalamnya 7.449 meter. Kadar garam rata-rata adalah + - 34,72%.

Batas-batas Samudra Hindia adalah:

- Benua Asia di sebelah utara;
- Kutub Selatan di sebelah selatan;
- Benua Afrika di sebelah Barat; dan
- Benua Australia di sebelah Timur.

Di sebelah utara, Samudra Hindia berbatasan dengan Laut Andaman, Laut Arab, dan Laut Merah. Fungsi Samudra Hindia dalam pelayaran adalah menghubungkan negara-negara di Asia, Afrika dan Australia.

Ciri-ciri khusus Samudra Hindia adalah sebagai berikut.

  1. Seluruh wilayah Samudra Hindia berada di wilayah Garis Bujur Timur.
  2. Di Samudra Hindia jarang terjadi badai besar. Sehingga pelayaran lebih aman.
  3. Di Samudra Hindia terdapat pusat tubrukan antara lempeng Asia dan lempeng dasar samudra sehingga sering terjadi gempa bumi yang dirasakan di Indonesia, Iran, India, dan Afganistan.

2. Samudra Pasifik

Samudra Pasifik adalah samudra terluas di dunia. Samudra Pasifik mempunyai luas 165.760.000 km2. Seluruh daratan yang ada di bumi luasnya 134.136.100 km2.
Jadi Luas Samudra Pasifik 1,24 kali luas daratan di bumi.

Batas-batas Samudra Hindia adalah sebagai berikut.

- Laut Bering dan Okhots di sebelah utara.
- Antartika dan laut Tasmania di sebelah selatan.
- Laut Cina Timur, Laut Pilipina, Laut Sulawesi di sebelah barat.
- Benua Amerika di sebelah timur.

Samudra Pasifik mempunyai kedalaman rata-rata 4.282. Bagian yang terdalam dari samudra berupa ceruk berbentuk huruf V memanjang disebut palung. Hampir semua palung terdapat di Samudra Pasifik.

Mulai dari palung Izu, dalamnya 11.232 m , palung Jepang dalamnya 8.8887 meter. Palung lainnya adalah palung Mariana, Tonga, Kermadec, Kurdil, Pilipina, Yapan, New Britain, dan Bonin.

Gugusan kepulauan Polynesia, Mikronesia dan Melanesia (kawasan ini disebut Oceania). Oceania terdiri atas ribuan pulau-pulau kecil.

Negara-negara yang terdapat di kawasan Oceania adalah Vanuatu, Fiji, Kiribati, Samoa, Solomon, Nauru, dan Tonga. Fungsi Samudra Pasifik dalam pelayaran adalah menghubungkan negara-negara di Asia-Pasifik dan Amerika.

Ciri-ciri khusus Samudra Pasifik.

  1. Merupakan samudra terluas.
  2. Mempunyai palung terdalam, yaitu palung Mariana (11.022 m).
  3. Tempat pertemuan arus panas (Kurosyiwo) dan arus dingin (Oyasyiwo). Pertemuan arus panas dan arus dingin baik untuk perkembangbiakan ikan. Tempat pertemuannya adalah di laut Bering.
  4. Dasar Samudra Pasifik sering menjadi pusat gempa, yaitu di Jepang Pilipina, pantai Barat Benua Amerika dan Amerika Latin.

3. Samudra Atlantik

Samudra Atlantik membentang dari pantai barat Benua Eropa dan Benua Afrika hingga pantai timur Amerika Utara dan Amerika Latin. Luasnya 82.439.700 km2.

Kedalaman rata-rata adalah 3.350 meter. Dengan titik terdalam 8.385 meter. Melalui samudra inilah bangsa-bangsa Eropa melakukan ekspedisi pada abad 15 menemukan benua Amerika.

Batas-batas Samudra Hindia adalah:

- Laut Utara, Laut Norwegia di Eslandia dan Laut Labrador dekat (Pulau Greenland) di sebelah utara;
- Antartika di sebelah selatan;
- Laut Karibia di kawasan Karibia di sebelah barat; dan
- Benua Eropa dan Afrika di sebelah timur.

Fungsi Samudra Atlantik dalam pelayaran adalah menghubungkan Benua Eropa dengan Benua Amerika, Afrika Barat dan Asia (lewat Tanjung Harapan atau Terusan Suez).

Ciri-ciri khusus Samudra Atlantik adalah sebagai berikut.

  1. Merupakan samudra yang menghubungkan Eropa dan Amerika.
  2. Terdapat Segitiga Bermuda (pantai timur Amerika Serikat dan Kepulauan Bermuda) tempat di mana kapal dan pesawat terbang hilang secara misterius.
  3. Sebagian besar wilayah Samudra Atlantik berada di Garis Bujur Barat.

4. Samudra Arktik/Artika

Samudra Arktik terletak di Benua Amerika utara bagian utara, Benua Asia, dan Benua Eropa. Merupakan samudra tersempit dengan luas 14.089.600 km2.

Kedalaman rata-ratanya adalah 5.411 meter. Samudra Arktik mengelilingi Kutub Utara secara penuh. Suhu permukaan Samudra Arktik lebih rendah dibanding samudra-samudra lainnya. Bahkan di bagian utara terdapat bongkahan-bongkahan es.

Ciri-ciri Khusus Samudra Arktik adalah sebagai berikut.

  1. Merupakan samudra paling sempit.
  2. Mempunyai suhu permukaan paling dingin dibanding samudra-samudra lainnya karena letaknya paling jauh dari katulistiwa.
  3. Tidak dilewati garis katulistiwa.
  4. Seluruhnya terdapat di Garis Lintang Utara.
Baca Juga :  Proses Terbentuknya Benua dan Samudra
LihatTutupKomentar