-->

Pengertian Diskusi, Unsur & Macam-Macam Diskusi

Pengertian Diskusi, Unsur & Macam-Macam Diskusi|Secara Umum, Pengertian Diskusi adalah salah satu bentuk aktivitas wicara dengan pertukaran pikiran, gagasan, yang terdiri dari dua orang atau lebih secara verbal untuk mencari akad atau kesepahaman gagasan atau pendapat. Berdiskusi sanggup memperluas pengetahuan dan banyak pengalaman-pengalaman.  

Diskusi dengan melibatkan beberapa orang disebut diskusi kelompok dimana dalam diskusi tersebut diharapkan seorang pemimpin yang disebut dengan ketua diskusi. Tugas dari ketua diskusi yaitu untuk membuka dan menutup diskusi, membangkitkan minat para anggota untuk memberikan gagasan, menengahi anggota yang berdebat, serta mengemukakan kesimpulan dari hasil diskusi.

Unsur-Unsur Diskusi

  • Materi 
  • Manusia, sebagai pelaksana. Terdiri dari moderator, notulis, penerima dan pemakalah/penyaji 
  • Perlengkapan

Macam - Macam Diskusi

Adapun macam-macam diskusi yaitu sebagai berikut...
  • Seminar: Pengertian seminar yaitu diskusi yang dipakai untuk mencari akad atau kesamaan langkah atau pandangan dalam menghadapi suatu kasus yang sifatnya formal, sehingga para pemrasaran menyiakan kertas kerja atau makalah untuk disajikan. Para penerima diskusi sanggup diberi kesempatan dalam menanggapi ataupun menganggah makalah tersebut. Pada karenanya diskusi moderator sanggup memberikan hasil dari pemikirannya.
  • Sarasehan/Simposium: Pengertian Sarasehan/simposium yaitu diskusi yang diselenggarakan untuk membahas mengenai prasaran-prasaran wacana suatu pokok kasus atau masalah.
  • Diskusi Panel: Pengertian diskusi panel yaitu diskusi yang dipakai untuk memperluas wawasan terhadap suatu kasus yang sedang hangat dengan melibatkan beberapa jago disiplin ilmu atau profesi untuk bertindak sebagai penulis atau pembicara. Moderator sanggup bertanya eksklusif kepada panelis untuk menggali pandangan/pendapat. Peserta diskusi diberi kesempatan untuk bertanya atau menanggapi atau menyanggah pendapat dari panelis yang pada karenanya diskusi moderator sanggup menyajikan pokok-pokok pikiran hasil diskusi.
  • Konferensi: Pengertian konferensi yaitu pertemuan untuk berunding atau bertukar pendapat terhadap suatu kasus yang sedang dihadapi bersama. 
  • Lokakarya: Pengertian lokakarya yaitu diskusi atau pertemuan para jago atau pakar dalam membahas suatu kasus yang berada di bidangnya

Baca Juga:


Demikianlah info mengenai Pengertian Diskusi, Unsur & Macam-Macam Diskusi. Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian diskusi, unsur-unsur diskusi, dan macam-macam diskusi. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

adalah salah satu bentuk aktivitas wicara dengan pertukaran pikiran Pengertian Diskusi, Unsur & Macam-Macam Diskusi
LihatTutupKomentar