-->

Mekanisme Pengaturan Suhu Badan Manusia

Pusat pengataruran suhu terdapat di hipotalamus otak. Ketika suhu badan meningkat beliau atas normal, hipotalamus akan mengerimkan pesan ke kelenjar keringat untuk meningkatkan sekresi keringat.

Di ketika yang sama, hipotalamus mengirimkan pesan ke otot dinding pembuluh darah di kulit, yang mengakibatkan pembuluh darah melebar, kesudahannya semakin banyak darah yang beredar di kulit membawa panas ke permukaan tubuh. Kulit bertindak sebagai radiator panas, yang memungkinkan panas beradiasi dari permukaan badan ke lingkungan.

Ketika suhu badan menurun di bawah normal pembuluh darah di kulit menyempit sehingga lebih sedikit panas yang dibawa ke permukaan tubuh. Saraf memerintahkan otot bergerak dengan kata lain menggigil untuk meningkatkan suhu tubuh. Bagaimana pengaturan suhu badan pada ketika kondisi panas atau kondisi dingin? Simak uraian di bawah ini!


a. Proses prosedur suhu badan ketika kondisi panas

Pusat pengataruran suhu terdapat di hipotalamus otak Mekanisme Pengaturan Suhu Tubuh Manusia



Pada ketika kondisi panas, badan akan membuang panas ke lingkungan. Ada empat cara membuang panas tubuh, yaitu konveksi, konduksi, radiasi dan evaporasi.

Proses mekanismenya yakni sebagai berikut:

1. Kelenjar keringat mensekresikan keringat. Di badan mnusia, terdapat sekitar 2,5 juta kelenjar keringat. Keringat mengalir di terusan keringat, melalui pori-pori keringat menuju permukaan kulit. Keringat yang membawa panas akan menguap ke lingkungan. Ini merupakan proses membuang panas melalui proses evaporasi. Evaporasi dari permukaan kulit menurunkan suhu tubuh.

2. Rambut di kulit rebah untuk mencegah rambut memerangkap panas. Rambut yang rebah ini meniingkatkan anutan udara sehingga meningkatkan pembuangan panas, melalui konveksi.

3. Dinding pembuluh darah arteri relaksasi sehingga arteri melebar. Dengan demikian, anutan darah melalui arteri meningkat. Aliran darah arteri ke permukaan kulit akan meningkatkan pembuangan panas badan melalui konveksi dan konduksi.


Usaha untuk menurunkan suhu badan ketika kondis panas

Walaupun badan mempunyai prosedur alami untuk menurunkan suhu tubuh. Hal-hal di bawah ini merupakan perjuangan yang sering kita lakukan untuk menurunkan suhu badan pada ketika kondisi panas.

1. Mengipas badan memakai kipas tangan atau kipas angin. Angin akan mempercepat proses evaporasi dan membuang panas lingkungan sehingga suhu badan menjadi cepat dingin.

2. Mengenakan pakaian yang tipis dan berbahan katun. Kain katun sanggup dilewati keringat melalui proses evaporasi, tetapi menahan radiasi panas matahari. Dengan kata laian, penerimaan radiasi panas sedikit, tetapi evaporasi tetap berlangsung.


b. Proses mekaanisme pengaturan suhu badan Pada kondisi dingin

Pada kondisi hambar badan akan mengalami hal-hal berikut.

1. Keringat tidak dihasilkan.

2. Otot di bawah kulit berkontraksi sehingga kantong rambut tegak. Ini mengakibatkan rambut bangkit untuk menangkap panas. Kontraksi otot mengakibatkan bintil-bintil kecil di tubuh, kondisi ini biasa kita sebut dengan istilah merinding.

3. Arteri yang membawa darah ke bawah permukaan kulit berkontraksi. Dengan demikian darah tidak menuju ke bersahabat permukaan kulit. Ini mencegah darah membuang panas ke lingkungan sehingga suhu badan tidak turun.

4. Otot mendapatkan pesan dari hipotalamus untuk emngigil. Menggigil akan meningkatkan produksi panas alasannya yakni merupakan reakasi eksotermik di sel otot. Mengigil lebih efektif daripada berolahraga untuk menghasilkan panas alasannya yakni organisme tetap diam. Dengan demikian, lebih sedikit panas yang hilang ke lingkungan melalui konveksi.
                                                                                                                                  
Usaha yang dilakukan untuk meningkatkan suhu badan ketika kondisi dingin
Kita juga sanggup melaksanakan usah untuk meningkatkan suhu tubuh. Hal-hal berikut ini merupkan hal yang umum kita lakukan ketika badan merasa dingin.

1. Menggunakan selimut atau pakaian tebal. Selimut atau akaian tebal akan menghalangi udara udara lingkungan yang hambar masuk, dan sebaliknya juga mencegah radiasi panas dari badan keluar. Kaprikornus radiasi panas dari badan terperangkap di bawah selimut atau pakaian tebal sehingga kita merasa hangat.

2. Memegang benda hangat juga sanggup meningkatkan pansa badan contohnya minuman hangat menyerupai teh, kopi atau susu. Ini yakni cara kita mendapatkan panas secara konduksi dari gelas hangat tersebut.

3. perapian atau api unggun juga biasa dipakai untuk menghangatkan diri

Demikian artikel dari saya wacana Mekanisme Pengaturan Suhu Tubuh Manusia agar sanggup bermanfaat bagi agan sekalian.
LihatTutupKomentar