-->

Makna Dan Cara Memakai Imbuhan -Man, -Wan, Dan -Wati

Berikut ini ialah klarifikasi ihwal Pengertian imbuhan, Menggunakan Imbuhan -man, -wan, dan -wati, Contoh Kata Berimbuhan, imbuhan, kata berimbuhan, kata imbuhan, pola kata imbuhan, macam macam imbuhan, pola imbuhan, imbuhan me, makna imbuhan, pola kalimat imbuhan, pola imbuhan akhiran, imbuhan dalam bahasa indonesia, pengertian kata berimbuhan, arti imbuhan, imbuhan ber, fungsi imbuhan, kalimat imbuhan.


Pengertian

Kata berimbuhan ialah kata-kata dasar yang mendapat imbuhan yang berupa awalan, akhiran, sisipan, dan awalan-akhiran. Imbuhan sendiri berfungsi untuk menambahkan arti atau maksud dari kata-kata dasar yang diberi imbuhan tersebut.

Menggunakan Imbuhan -man, -wan, dan -wati

Perhatikan pola kalimat berimbuhan -man, -wan, dan -wati yang dikutip dari Materi berikut ini.
Jumpa lagi dengan Gita Paramita di program obrolan interaktif menjadi usahawan sukses.
Ibu Nuraini ialah wirausahawati kopi robusta.
Bapak Sugiyono ialah wirausahawan gula semut.


Dalam kalimat di atas terdapat kata usahawan, wiraswastawan, dan wiraswastawati. Kata-kata tersebut ialah kata-kata yang berimbuhan gila -man, -wan, dan -wati.

Imbuhan -wan, dan -wati berasal dari bahasa Sanskerta -van dan -vati. Kata-kata berimbuhan -wan dan -wati termasuk kata benda.

Imbuhan -wati merujuk pada wanita sedangkan imbuhan -wan merujuk pada laki-laki. Imbuhan -man merupakan variasi bentuk/alomorf dari imbuhan -wan. Akan tetapi imbuhan -man penggunaannya tidak produktif. Imbuhan tersebut sanggup merujuk pada pria atau perempuan.

Baca Juga : Pengertian dan Contoh Kata Berimbuhan Lengkap 
LihatTutupKomentar