-->

10 Referensi Paragraf Deskripsi (Artikel Lengkap)

Paragraf deskripsi ialah paragraf yang menggambarkan sebuah objek tertentu melalui kata-kata yang merangsang panca indera sehingga pembaca seakan-akan melihat atau mencicipi sendiri objek yang dideskripsikan penulis. Tujuan paragraf deskripsi ialah untuk menjelaskan suatu objek kepada pembaca tanpa memakai dukungan menyerupai gambar dan video. Meskipun demikian, penggunaan gambar dan video sanggup memperkuat penggambaran. Berikut ialah beberapa teladan paragraf deskripsi. Langsung saja kita simak yang pertama:

Bagian dari: Bahasa Indonesia (Artikel Lengkap)

Paragraf deskripsi ialah paragraf yang menggambarkan sebuah objek tertentu melalui kata 10 Contoh Paragraf Deskripsi (Artikel Lengkap)Contoh Paragraf Induktif

Aku mempunyai seekor kucing persia. Namanya Lusi. Bulunya didominasi oleh warna putih dengan corak hitam. Ekornya panjang dan sangat menggemaskan. Lusi suka makan nasi dengan ikan. Lusi sangat suka bersikap manja padaku. Dia mengeong tiap kali lapar. Terkadang ia pembangkang dan menggangguku. Tetapi saya tetap sayang kepadanya.

6. Sungai Ayung

Sungai Yeh Ayung ialah sebuah sungai terpanjang di Bali. Dengan panjang 68,5 km, sungai ini melewati Kabupaten Bangli, Badung, Gianyar, dan Kota Denpasar. Muara sungai ini terletak di sebelah utara Pantai Padang Galak, Sanur. Sedangkan hulu sungai berada di Kintamani, Bangli. Di daerah Gianyar, Sungai Ayung dimanfaatkan untuk wisata rafting atau arung jeram. Sungai ini memang dikenal mempunyai arus yang deras dan menantang sehingga banyak yang ingin melaksanakan arung riam disana. Air dari sungai ini juga dimanfaatkan petani untuk mengairi sawah di sekitarnya dengan sistem Subak.

7. Pohon Mangga

Aku mempunyai pohon mangga di sudut tenggara rumah. Tingginya sekitar 4 meter dan sudah bercabang banyak. Ayahku secara rutin memangkasnya biar tidak menjorok ke jalan dan rumah tetangga di sebelahnya. Saat trend berbuah, saya melindungi bakal buah dengan plastik biar tidak dimakan binatang. Buahnya sangat bagus dan nikmat. Aku sangat suka menaiki ranting pohonnya alasannya ialah berpengaruh dan sanggup dijadikan tempat berteduh.

8. Kota Jakarta

Jakarta ialah ibukota Indonesia. Letaknya berada di delta Sungai Ciliwung di sebelah barat bahari Pulau Jawa. Jakarta mendominasi pemerintahan, kebudayaan, dan perekonomian Indonesia. Jakarta juga mempunyai penghubung berupa pelabuhan dan bandara terbesar di Indonesia. Dengan populasi sekitar 9 juta jiwa, Jakarta ialah kota dengan penduduk terbanyak di Indonesia. Iklim kota ini panas dan lembab sepanjang tahun. Hujan terjadi sepanjang tahun, dengan intensitas tertinggi mulai dari November sampai Mei. Rata-rata curah hujan di Jakarta ialah 1.790 mm. Kota ini cenderung cekung dan berada di dataran rendah, sehingga banjir seringkali terjadi.

9. Kamusku

Baca juga: 4 Ciri-Ciri Ringkasan yang Baik

Aku mempunyai sebuah kamus yang di dalamnya berisi Bahasa Indonesia – Bahasa Inggris sekaligus Bahasa Inggris – Bahasa Indonesia. Aku mendapatkannya pada hari ulang tahunku yang ke-10. Sampul luar berwarna kuning. Tebalnya mencapai 500 halaman dan sangat lengkap. Aku mengandalkannya untuk mencari terjemahan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, semua istilah saya temukan disana. Bahkan terdapat kamus bergambar di potongan akhir.

10. Asus Zenfone 3

Asus Zenfone 3 ialah ponsel berakal keluaran Asus pada tahun 2016. Ponsel ini menarik alasannya ialah mempunyai desain yang berbeda dengan ponsel Asus seri sebelumnya. Ukuran layarnya cukup besar yaitu 5,2 inch. Ponsel ini tergolong tipis, yakni hanya 7,7 mm. Hal tersebut menciptakan ponsel ini cukup nyaman digenggam. Hanya saja sangat licin alasannya ialah di sisi depan belakang terdapat beling Gorila Glass dengan bentuk 2,5D sehingga agak melengkung di pinggirannya. Pada awal pemakaian seringkali saya menjatuhkannya. Namun ponsel ini cukup tangguh. Kameranya berisi kristal safir sehingga berpengaruh dan elegan. Tombol volume dan power terletak di sebelah kanan. Ponsel ini termasuk unibody sehingga tidak sanggup dilepas covernya. Slot memori dan kartu SIM terletak di sisi kiri. Di sisi atas terdapat 3,5 mm audio jack dan di sisi bawah terdapat port USB type C. Tombol utama berupa panel sentuh dan di belakangnya terdapat sensor sidik jari. Sekilas, ponsel ini tampak menyerupai iPhone 7.


Anda sanggup request artikel apa saja melalui atau pribadi saja lewat komentar dibawah :)

LihatTutupKomentar