-->

Pengertian Narasi Dan Penjelasannya

Pengertian Narasi dan Penjelasannya| Narasi secara sederhana diartikan sebagai paragraf yang berisi dongeng atau kejadian. Dalam Narasi terdapat pola-pola dalam pengembangan paragraf narasi. Paragraf Narasi yaitu paragraf yang menjelaskan/menguraikan suatu kejadian atau kejadian menurut urutan waktu. Dalam paragraf Narasi terdapat karakteristik dari narasi yakni ada tokohnya, ada latarnya ( ruang danwaktu), dan ada urutan kejadiannya.  Untuk mengetahui lebih terang perihal Narasi ada baiknya kita melihat misalnya menyerupai yang ada dibawah ini.

Contoh : 
Ketika itu, saya sedang berkemas-kemas ke sekolah. Tiba-tiba "Berita Pagi" di televisi menayangkan informasi terjadinya kebakaran hebat. Peristiwa itu terjadi diperumahan bersahabat sekolahku. Sekitar pukul satu dinihari.

Aku sangat terkejut dengan informasi tersebut mengingat di tempat itu banyak terdapat rumah teman-temanku. Dalam hati, saya berharap agar tidak ada satu pun temanku yang menjadi korban. Setelah menyaksikan informasi itu, saya pun bergegas menuju ke sekolah. Ternyata, harapanku kandas. Ada empat temanku yang rumahnya musnah dimangsa si jago merah.

Analisis Unsur-unsur dalam paragraf narasi menyerupai pola diatas
1. Tokoh   : Aku
2. Latar
          a. Waktu : Pukul satu dini hari
          b. Tempat : di perumahan bersahabat lingkungan sekolah si aku
3. Urutan kejadian :
         a. Aku sedang berkemas-kemas ke sekolah
         b. Televisi menayangkan informasi kebakaran
         c. Kebakaran terjadi di bersahabat sekolahku
         d. Empat rumah sahabat si saya menjadi korban.
 Narasi secara sederhana diartikan sebagai paragraf yang berisi dongeng atau kejadian Pengertian Narasi dan Penjelasannya


Sekian Pembahan Pengertian Narasi dan Penjelasannya semoga bermanfaat
(Sumber : Cerdas Berbahasa Indonesia, Hal : 81-82, Penerbit : Erlangga.2006.Jakarta. Penulis : Engkos Kosasih)
LihatTutupKomentar