-->

Pengertian Info Dan Menulis Slogan Sesuai Konteks

Pengertian Berita

Pengertian Berita dan Menulis Slogan Sesuai Konteks Pengertian Berita dan Menulis Slogan Sesuai Konteks
Berita

Berita yakni laporan wacana suatu insiden atau kejadian. Menurut Mickhel V.
Charniey (Romli, 2009:5) mengemukakan bahwa “berita yakni laporan tercepat dari suatu insiden atau  insiden yang faktual, penting,  dan menarik bagi sebagian pembaca,serta menyangkut kepentingan mereka”.


Willard C. Bleyer (Romli, 2009:35) informasi yakni sesuatu yang terkini (baru) yang dipilih oleh wartawan untuk dimuat dalam surat kabar sehingga menarik minat bagi para pembaca.

Adapun unsur-unsur informasi terdiri atas  what (apa), where (dimana), when (kapan), who (siapa), why (mengapa), dan how (bagaimana), sering disingkat Adiksimba.

Berikut klarifikasi yang lebih lengkap dari unsur-unsur berdasarkan Inung Cahya S. (2012:17) yaitu :


1.    What

Suatu informasi dikatakan baik bila memenuhi unsur what, yaitu berisi pernyataan yang sanggup menjawab pertanyaan apa.

2.    Where

Suatu informasi dikatakan baik bila memenuhi unsur where, yaitu berisi deskripsi lengkap wacana daerah kejadian.

3.    When

Suatu informasi dikatakan baik bila memenuhi unsur when, yaitu menyebutkan waktu insiden peristiwa.

4.    Who

Suatu informasi dikatakan baik bila memenuhi unsur who, yaitu disertai keterangan wacana orang-orang yang terlibat dalam peristiwa.

5.    Why

Suatu informasi dikatakan baik bila memenuhi unsur why, yaitu disertai alasan atau latar belakang terjadinya peristiwa.

6.    How

Suatu informasi dikatakan baik bila memenuhi unsur how, yaitu sanggup dijelaskan proses insiden suatu insiden dan akhir yang ditimbulkan.

Syarat informasi yang baik :

1)    Benar, apa yang diberitakan itu sesuai fakta dengan bukti-bukti yang konkret.
2)    Sederhana, informasi yang ditulis harus sederhana, baik dalam isi maupun bahasanya.
3)    Singkat,berita yang baik yakni tidak bertele-tele, pribadi pada pokok permasalahan, singkat, jelas, dan padat sehingga tidak menimbulkan kebosanan pada pembaca.
4)    Jelas, apa yang diberitakan itu tidak semu, jelas, dan sanggup dipertanggungjawabkan.
5)    Hidup, apa yang diberitahukan harus mendorong minat pembaca dan mengikuti  perkembangan berikutnya.

Menulis Slogan sesuai Konteks


Slogan merupakan salah satu bentuk penyampaian informasi  yang mempunyai ciri-ciri berbeda dibandingkan dengan jenis penyampaian informasi lain. Selogan berisi klarifikasi tujuan  atau visi suatu organisasi atau golongan.

Ciri-ciri kalimat slogan:

1.    Bahasa yang menarik, gampang difahami, dan bersifat persuasif.
2.    Isinya singkat dan jelas.
3.    Kalimatnya pendek, menarik, dan gampang diingat.
4.    Menjelaskan visi, misi, tujuan.

Contoh slogan :

Jujur perilakuku  tinggi prestasiku.
Membuang sampah sembarangan sikap serampangan.


Sumber: SUN sukses ujian nasional pemantapan bahan Bahasa Indonesia, dafa bintang reksa
LihatTutupKomentar