-->

Pengaruh Keunggulan Lokasi Indonesia Terhadap Cara Berkomunikasi

Hallo Agan...Dalam keseharian kau niscaya melaksanakan interaksi dengan orang lain. Dalam melaksanakan interaksi kau selalu melaksanakan komunikasi. Mengapa insan melaksanakan komunikasi? Bagaimana insan melaksanakan komunikasi?

Manusia melaksanakan komunikasi sebab insan memerlukan interaksi. Komunikasi dan interaksi selalu terjadi bersamaan. Komunikasi yaitu proses penyampaian ide, gagasan, pikiran atau perasaan oleh seseorang kepada orang lain dengan memakai lambang-lambang yang bermakna bagi kedua pihak.

Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara mulut atau verbal yang sanggup dimengerti oleh kedua belah pihak yang berkomunikasi. Apabila tidak ada bahasa verbal yang sanggup dimengerti oleh keduanya, komunikasi sanggup juga dilakukan dengan memakai gerak-gerik anggota badan, atau sering disebut memakai bahasa tubuh (body language), ibarat memperlihatkan perilaku tertentu, contohnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara ibarat ini disebut komunikasi nonverbal.

Lokasi Indonesia besar lengan berkuasa terhadap cara berkomunikasi masyarakat. Masyarakat Indonesia di banyak sekali kawasan memiki kemajemukan dalam berbahasa. Kamu sanggup menemukan banyak sekali bahasa dalam setiap kawasan di Indonesia.

Misalnya di Pulau Sumatra kau menemukan bahasa Aceh, bahasa Batak, bahasa Minang, bahasa Melayu, dan bahasa Lampung. Di Pulau Jawa kau menemukan dua bahasa yang paling besar lengan berkuasa yakni bahasa Sunda dan bahasa Jawa. Begitu juga di kawasan lain di Indonesia kau akan menemukan bahasa Banjar di Kalimantan, bahasa Bali, dan banyak sekali bahasa di Papua, Maluku, bahasa Sulawesi, dan sebagainya. Bagaimana bangsa Indonesia bisa melaksanakan komunikasi dengan bahasa yang berbeda?

Bangsa Indonesia harus bersyukur sebab dikaruniai bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia. Dengan bahasa Indonesia, masyarakat ari banyak sekali kawasan sanggup melaksanakan komunikasi dengan gampang dan lancar. Bayangkan seandainya bangsa Indonesia tidak mempunyai bahasa persatuan, tentu akan kesulitan untuk melaksanakan komunikasi. Perjuangan cowok dalam Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memperlihatkan warisan besar bagi kehidupan pada masa sekarang. Warisan tersebut yaitu legalisasi Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.

Selain komunikasi lokasi indonesia juga memperlihatkan imbas keunggulan dibidang ekonomi untuk mengetahui informasinya lebih lanjut baca juga: Pengaruh Keunggulan Lokasi Indonesia Terhadap Kegiatan Ekonomi

Variasi lokasi kawasan di Indonesia yang mencakup banyak pulau dan tempat tinggal yang berpencar juga besar lengan berkuasa terhadap cara berkomunikasi masyarakat Indonesia. Untuk melaksanakan komunikasi langsung, masyarakat mengalami banyak kesulitan atau hambatan sebab keterbatasan waktu dan tenaga. Karena itu masyarakat memakai teknologi sebagai sarana untuk memperlancar komunikasi tersebut.

Penggunaan teknologi paling sederhana mungkin masih sanggup kau temukan di lingkungan tempat tinggalmu. Contoh, masyarakat di Indonesia mengenal kentongan sebagai media komunikasi tidak langsung. Dengan memakai kentongan masyarakat sanggup dikumpulkan, diberikan peringatan bahaya, diberikan isu tertentu dan sebagainya. Apakah kau masih menemukan alat komunikasi tradisional ibarat itu di lingkungan tempat tinggalmu? Kemajuan ilmu dan teknologi mendorong ditemukannya banyak sekali alat komunikasi yang lebih maju.
Dalam keseharian kau niscaya melaksanakan interaksi dengan orang lain Pengaruh Keunggulan Lokasi Indonesia Terhadap Cara Berkomunikasi

Penggunaan simbol, gambar, dan goresan pena merupakan bentuk gres cara berkomunikasi masyarakat Indonesia. Lokasi Indonesia yang penduduknya berjauhan, mustahil selalu melaksanakan komunikasi secara langsung. Pesan mulut yang dititipkan orang lain, juga sering berubah ketika hingga pada peserta pesan. Pesan tertulis merupakan cara berkomunikasi yang telah usang dipakai masyarakat Indonesia hingga ketika ini.

Sampai pada final tahun 1990-an, pesan tertulis melalui surat-menyurat merupakan kebiasaan umum masyarakat Indonesia dalam berkomunikasi. Komunikasi melalui pesan tertulis sanggup dilakukan lewat jasa penitipan ibarat kantor pos baik yang dilakukan pemerintah maupun swasta. Apakah kalian pernah melaksanakan surat-menyurat melalui jasa pos? Apabila belum, kalian sanggup mencobanya semoga kau sanggup memahami lebih dalam bagaimana komunikasi melalui surat-menyurat.

Berbagai bentuk komunikasi yang dilakukan masyarakat mempunyai kelebihan dan kekurangan. Misalnya komunikasi dengan secara eksklusif melalui tatap muka, mempunyai kelebihan lebih terang dan lengkap, tetapi mempunyai kelemahan memerlukan waktu khusus untuk bertemu. Komunikasi memakai surat menyurat mempunyai kelebihan komunikasi lebih gampang dan murah dibandingkan bertemu secara langsung. Komunikasi melalui surat menyurat mempunyai kelemahan contohnya apabila surat tidak tersampaikan kepada tujuan.

Itulah Postingan saya ihwal Pengaruh Keunggulan Lokasi Terhadap Cara Berkomunikasi dan semoga bermanfaat bagi agan sekalian.
LihatTutupKomentar