-->

Mengapa Burung Dapat Terbang? Ini Alasannya!

Pernahkah kau melihat burung yang sedang terbang bebas di udara?  Bagaimana burung tersebut sanggup terbang dengan stabil di udara? Apa yang memengaruhi gerakan burung tersebut? Tahukah kamu, bagaimana cara burung sanggup terbang dan melawan gravitasi bumi? 

Gravitasi yakni persoalan utama yang dihadapi oleh binatang hewan yang terbang di udara. Tubuh hewan-hewan tersebut harus mempunyai gaya angkat yang besar untuk mengimbangi gaya gravitasi alasannya yakni mustahil badan binatang mempunyai massa jenis yang mendekati massa jenis udara. Salah satu upaya untuk memperbesar gaya angkat yakni dengan memakai sayap.  Prinsip yang sama diterapkan pada pesawat terbang.

Pernahkah kau melihat burung yang sedang terbang bebas di udara Mengapa Burung Bisa Terbang? Ini Alasannya!

Burung mempunyai susunan tulang rangka yang ringan, bahkan ada burung yang berat tulangnya lebih ringan dari berat seluruh bulu ditubuhnya. Walaupun tulang rangka burung sangat ringan, tapi rangka tulang ini kuat. Inilah salah satu alasan kenapa burung mempunyai kemampuan untuk terbang di udara. 

Tulang paling besar dan paling berat pada burung yakni pada bab dada dan bahunya, ini untuk menambah kekuatan sayap. Burung juga mempunyai susunan otot yang kuat. Tulang yang besar lengan berkuasa tidak ada artinya bila tidak didukung oleh susunan otot yang besar lengan berkuasa juga. Otot-otot ini bisa mengontrol sayapnya dengan baik. 

Sayap burung mempunyai bentuk melengkung sehingga udara yang mengalir pada bab atas sayap lebih cepat daripada bab bawahnya. Hal ini akan menghasilkan gaya angkat dan gaya dorong yang efektif untuk pergerakan burung. Struktur sayap yang demikian disebut airfoil. 

Saat sayap dikepakkan, sayap menawarkan gaya agresi terhadap udara di bawah sayap, sehingga udara akan mengalir ke bawah. Sesuai dengan Hukum III Newton, saat benda pertama menawarkan gaya Faksi pada benda kedua, maka benda kedua akan menawarkan gaya Freaksi pada benda pertama.  Hal inilah yang menciptakan burung sanggup terangkat ke atas

Demikian artikel Mengapa Burung Bisa Terbang? Ini Alasannya! biar bisa bermanfaat.
LihatTutupKomentar