-->

Pengertian Komunikasi Grafis dan Unsur-Unsur Yang menghasilkan Media Komunikasi Yang komunikatif dan Sugestif

Komunikasi grafis adalah proses penyampaian lambang-lambang yang mengandung pengertian tertentu oleh seseorang kepada orang lain melalui media cetak.

Grafis memiliki unsur-unsur yang dapat digabungkan dan dirancang dengan baik untuk menghasilkan sebuah media komunikasi yang komunikatif dan sugestif.

Unsur komunikasi grafis yang vital adalah teks, ilustrasi dan warna. Teks terdiri atas bagian judul (headline), subjudul, naskah (body copy), logo dan kata penutup.

Ilustrasi dapat berupa gambar, foto maupun grafis lainnya. Secara garis besar, media komunikasi grafis dapat dikelompokkan menjadi lima yaitu media cetak, media luar ruangan, media elektronik, media display dan barang kenangan.

Grafis merupakan sebuah bentuk komunikasi visual dimana dengan sebuah titik atau goresan sederhana orang dapat mengkomunikasikan pesan kepada orang lain.

Komunikasi grafis dapat diartikan sebagai proses penyampaian lambang-lambang yang mengandung pengertian tertentu oleh seseorang kepada orang lain melalui media cetak.

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan se-efektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang dapat dibunyikan.

Seni desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.

Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia.

Grafis memiliki unsur-unsur yang dapat digabungkan dan dirancang dengan baik untuk menghasilkan sebuah media komunikasi yang komunikatif dan sugestif. Unsur komunikasi grafis yang vital adalah teks, ilustrasi dan warna. Unsur lain yang sering digunakan sebagai penekanan pesan adalah banner dan flash/pancaran sinar.

1) Teks

Teks terdiri atas bagian judul (headline), subjudul, naskah (body copy), logo dan kata penutup.

a) Judul

Judul merupakan bagian terpenting dari teks yang berfungsi untuk menarik perhatian dan merupakan hal yang pertama dibaca. Judul mampu mengarahkan pembaca untuk lebih jauh mengetahui tentang isi pesan atau produk yang ada didalamnya.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mendesain judul adalah:

1.   Bentuk huruf mendukung judul dan memancarkan watak tulisan
2.   Judul kontras dengan teks lainnya (warna, ukuran, bentuk)
3.   Tempatkan dalam frame atau bingkai
4.   Kata tidak terlalu panjang, mudah dibaca
5.   Tempatkan judul ditengah-tengah
6.   Hindari judul dengan huruf kapital semua

b) Subjudul

Subjudul merupakan lanjutan keterangan dari judul yang menjelaskan makna atau arti dari judul dan umumnya lebih panjang dari judulnya.

Subjudul dapat juga disebut sebagai kalimat peralihan yang mengarahkan pembaca dari judul ke kalimat pembuka dari naskah. Ukuran huruf dalam subjudul biasanya lebih kecil dari judul.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mendesain subjudul :

1.   Subjudul serasi dan saling mendukung dengan judulnya
2.   Hindari penempatan dibawah kolom
3.   Gunakan warna berbeda dengan warna teks naskah
4.   Gunakan garis dibawah atau diatas subjudul untuk kejelasan
5.   Sesuaikan jenis huruf dengan judul dan naskah
6.   Gunakan tipe huruf yang kontras

c) Naskah

Naskah adalah kalimat yang menerangkan lebih rinci tentang isi pesan yang ingin disampaikan, berfungsi untuk mengarahkan pembaca dalam mengambil sikap, berpikir dan bertindak lebih lanjut.

d) Logo

Logo adalah tanda pengenal yang tetap dari perusahaan atau institusi yang dibuat secara singkat, sederhana dan komunikatif menggunakan huruf dan gambar. Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menetapkan visualisasi logo adalah sejarah, identitas atau kekhasan, unik, asosiatif, artistik, simbolik.

e) Kata penutup

Kata penutup adalah kalimat pendek yang jelas, singkat, jujur dan jernih yang biasanya bertujuan untuk mengarahkan pembaca untuk membuat keputusan.

2) Ilustrasi

Ilustrasi merupakan unsur grafis yang sangat vital dan dapat disajikan mulai dari goresan atau titik sederhana sampai dengan yang kompleks. Ilustrasi berfungsi untuk :

1.   Menarik perhatian
2.   Merangsang minat pembaca terhadap keseluruhan pesan
3.   Memberikan penjelasan atas pertanyaan
4.   Menonjolkan keistimewaan produk
5.   Memenangkan persaingan
6.   Menciptakan suasana khas
7.   Dramatisasi pesan

Ilustrasi dapat berupa gambar, foto maupun grafis lainnya. Gambar merupakan penjelasan yang dapat menerjemahkan isi pesan secara menyeluruh, mampu menarik perhatian sekaligus menangkap pandangan secara sepintas.

3) Warna

Warna adalah hal yang pertama dilihat oleh seseorang, terutama warna background. Warna merupakan unsur penting dalam grafis karena memberikan dampak psikologis kepada orang yang melihat.

Untuk mencapai desain warna yang efektif dapat dimulai dengan memilih warna yang dapat merepresentasikan tujuan dari media komunikasi grafis yang dibuat. Contoh, untuk mendesain media grafis bagi anak TK, maka sebaiknya memilih warna-warna cerah untuk membuat suasana ceria.

Media komunikasi grafis adalah sarana untuk menyampaikan pesan atau informasi kepada publik dengan menggunakan berbagai unsur komunikasi grafis.

Secara garis besar, media komunikasi grafis dapat dikelompokkan menjadi lima, diantaranya :

1.   Media cetak, misal stiker, sampul buku, poster, selebaran (leaflet), kop surat, katalog
2.   Media luar ruangan, misal spanduk, papan nama, umbul-umbul, neon box, neon sign, billboard
3.   Media elektronik, misal radio, televisi, internet, animasi computer
4.   Tempat pajang (display), misal etalase, desain gantung, floor stand
5.   Barang-barang kenangan, misal kaos, topi, paying, aneka souvenir 
LihatTutupKomentar