-->

Sofware Ini Wajib Ada Di Laptop Operator Sekolah

Software Ini Wajib Ada Di Laptop Operator Sekolah | Operator sekolah tidak lepas dari pekerjaan yang melibatkan komputer atau laptop. Maka setiap operator sekolah wajib dibekali sebuah laptop. Kenapa laptop, bukan PC dekstop? Jawabannya agar operator sekolah bisa bekerja dimana saja dan kapan saja. Kita tahu bahwa pekerjaan operator sekolah tidak kenal waktu dan tempat. Terkadang sedang asyik bermain sama keluarga saja bisa dihubungi oleh operator kabupaten atau kepala sekolah untuk segera menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Selain laptop tentu juga harus didukung dengan perangkat koneksi inernet mobile. Misal modem GSM atau CDMA yang bisa dibawa kemana-mana. Nah dua barang ini jangan sampai lepas dari seorang operator sekolah.

Laptop juga harus didukung dengan software yang lengkap. Percuma saja menenteng laptop kemana-mana jika di dalamnya tidak didukung dengan software yang mendukung pekerjaan. Misal, laptop operator kok isinya cuma game. Hehe......

Dari sekian banyak apliaksi atau software, inilah software yang wajib terinstal di laptop seorang operator sekolah.

8 Software Wajib Dimiliki Operator Sekolah

1. Sistem Operasi

Ini super wajib. Bagaimana laptop bisa dipakai kalau didalamnya tidak ada sistem operasinya. Apa itu sistem operasi atau operating system? Yaitu perangkat lunak yang mengendalikan dan mengatur komuniksi antara hardware dengan hardaware dan hardware dengan software lainnya. Misal yang paling populer adalah Microsoft dan Linux. Silakan anda pilih sistem operato mana yang anda sukai.

2. Aplikasi DAPODIK

Nah ini aplikasi yang paling penting dan menjadi nyawa sebuah institusi sekolah. Karena dari aplikasi inilah semua manajemen sekolah ditentukan. Aplikasi DAPODIK berkaitan dengan alokasi dana BOS untuk sekolah, tunjangan-tunjangan guru dan pegawai, peserta ujian, data kepegawaian dan data-data penting lainnya. Kalau laptop operator sekolah tidak ada aplikasi DAPODIK nya, terus mau ngapain? Hehehe....

3. Aplikasi Office

Aplikasi office yaitu software yang berfungsi untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan kantor yang berhubunga dengan pengolah kata, pengolah angka (spreedsheet), presentasi dan lainnya. Yang paling umum digunakan adalah microsoft office, tapi mungkin diantara anda ada yang lebih cocok dengan open office dari linux, silakan pilih sesuai selera.

4. Aplikasi Browser Internet

Pekerjaan operator sekolah tidak lepas dari pekerjaan online. Bahkan aplikasi dapodik juga dibukanya dengan menggunakan browser internet. Maka aplikasi ini sangat penting untuk diinstal dalam laptop seorang operator sekolah. Ada beberapa aplikasi browser populer yang umum diggunakan, misal Gogole Chrome, Mozila Fire Fox, Opera, Safari dan Baidu. Masing-masing browser internet ini memiliki kekurangan dan kelebihan sendiri-sendiri, maka tidak ada salahnya menginstal lebih dari satu browser internet agar bisa memilih salah satunya sesuai dengan kebutuhan pada kondisi tertentu.

5. Aplikasi WinRar atau WinZip

Aplikasi berfungsi untuk mengekstrak dan mengconver file dan folder. Contoh misal, kita download sebuah file dengan ekstensi RAR atau ZIP. File ini biasanya berisisi beberapa file dan folder di dalamnya. Maka untuk mengurainya memerlukan aplikasi WinRar atau WinZip. Begitu juga sebaliknya, ketika kita diminta melaporkan data dengan cara mengupload beberapa file sekaligus, maka kita bisa menggunakan aplikasi ini untuk memaket data dalam satu file. Sehingga cukup satu kali upload untuk lapora beberapa file dan folder.

6. Aplikasi PDF Reader

Ada kalanya seorang operator sekolah mendapatkan file dari dinas kabupaten atau kecamatan dalam bentuk PDF. Maka wajib bagi operator sekolah untuk  memiliki aplikasi PDF reader seperti Adobe Reader atau Foxit Reader.

7. Aplikasi Word to PDF

Sebaliknya, seorang operator sekolah juga sering diminta laporan dalam format PDF. Misal harus mengupload SK operator sekolah dalam format PDF. Maka wajib bagi operator sekolah memiliki aplikasi word to PDF. Yaitu aplikasi yang berfungsi untuk mengconver file doc (word) menjadi PDF. Aplikasi ini tidak dibutuhkan lagi jika anda menggunakan microsoft office 2010 ke atas. Karena pada office 2010 ke atas sudah tersedia penyimpanan file ke format PDF.

8. Software Anti Virus

Yaitu aplikasi yang berfungsi melindungi laptop dari serangan virus yang setiap hari bergentayangan. Apalagi pekerjaan operator sekolah selalu mengharuskan terkoneksi dengan internet, maka laptop sangat rentan dari serangan virus. Silakan instal anti virus terbaik yang bisa melindungin laptop anda dari terinveksi virus. Misal, anda bisa menggunakan Antivirus AVG, Avira, ESET NOD, Panda atau apa saja yang anda percaya bisa melindungi laptop dari serangan virus jahat.

Nah itulah 8 software yang wajib diinstal dalam laptop operator sekolah. Mungkin sebagian operator sekolah menganggap penting aplikasi lain selain 8 aplikasi di atas, silakan anda share dengan menambahkannya pada form komenter di bawah ini.
LihatTutupKomentar