-->

Macam-macam Teknik / Cara Membuat Karya Seni Rupa

Pembuatan karya seni rupa di wilayah Nusantara sangat beragam sesuai dengan bahan yang digunakan.

Teknik pembuatan karya seni rupa antara lain dengan menggunakan teknik lukis, teknik batik, teknik cetak, teknik pahat, teknik membentuk, dan teknik las.

1. Teknik Lukis

Teknik lukis untuk membuat karya seni rupa terapan dengan menggunakan kuas. Teknik ini digunakan untuk membuat lukisan kaca, lukisan pada papan, dan lukisan pada kanvas.

2. Teknik Batik

Teknik batik digunakan untuk membuat karya seni batik. Teknik ini memerlukan bahan dan peralatan khusus. Bahan yang digunakan untuk membatik antara lain berupa kain putih (kain yang meresap warna), lilin/malam (sebagai bahan perintang), bahan pembangkit warna, bahan pelarut napthol, dan bahan pelarut garam. Sekarang ini selain batik digunakan pada media kain dapat juga digunakan pada kayu. Teknik membatik selain menggunakan canting sebagai alat juga dapat menggunakan kuas (terbuat dari bilah bambu yang dihaluskan ujungnya).

Teknik batik dapat dijumpai di daerah Pekalongan, Yogyakarta, Surakarta, Garut, Lasem, Cirebon, dan Madura. Masing-masing daerah memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri.

3. Teknik Cetak

Teknik cetak dapat digunakan untuk pembuatan karya yang menggunakan cetakan sebagai alat utamanya. Karya seni yang menggunakan teknik cetak seperti fotografi, desain grafis, dan semua karya seni grafis. Pembuatan karya dengan teknik cetak ini membutuhkan klise sebagai acuan cetaknya. Dengan alat cetak ini dapat membuat karya dalam jumlah yang banyak.

4. Teknik Pahat

Teknik pahat merupakan cara pembuatan suatu karya dengan mengurangi bahan sedikit demi sedikit dengan menggunakan alat pahat. Bahan yang biasa digunakan untuk membuat karya seperti kayu dan batu. Hasil karya dengan teknik pahat ini seperti relief, ukir-ukiran, dan patung.

5. Teknik Membentuk

Teknik membentuk atau modeling adalah cara pembuatan karya dengan menambah atau mengurangi bahan yang digunakan. Jadi bahan yang digunakan berupa bahan yang lembek seperti tanah liat. Hasil karya dengan teknik ini biasanya berupa hasil gerabah/keramik.

6. Teknik Las

Teknik las digunakan untuk menyambung bahan dari logam. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat karya berupa bahan logam seperti besi, baja, tembaga, perak, dan emas.

LihatTutupKomentar